Bupati Kukar Resmikan Posko RT Sigap, Bagian Ikhtiar Fisik Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19.

Tenggarong-Swarakaltim. Dalam rangka menjalan program pemerintah pusat dalam menanggulangi Penyebaran Covid-19 di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar). Serta berdasarkan sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021 tentang PPKMBM, dan Surat Edaran Satgas Covid 19 Kab kutaikartanegara : P -334/DINKES/065, 11/01/2021 tanggal 25 januari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada masa pandemi Covid 19 di kabupaten Kukar dalam pembentukan Posko RT Sigap Penanganan COVID-19 di tingkat RT ini, di upayakan dapat mengurangi angka positif di daerah Kabupaten Kukar.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah membuat program dengan take line “Posko RT Sigap” yang tersebar di seluruh Kabupaten Kukar.

Bupati Kukar Edy Damansyah meresmikan Secara Simbolis dalam rangka Launching ‘POSKO RT SIGAP’ Untuk percepatan pembentukan dan pelaksanaan PPKM MIKRO Se-kabupaten Kukar di RT 01 Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kukar, Selasa (16/02/2021) tadi malam.

Di ketahui bahwa fungsi Posko RT Sigap adalah upaya terobosan jemput bola guna dalam rangka pemutusan mata rantai Covid 19 di provinsi Kalimantan Timur khususnya Kabupaten Kukar yang saat ini jumlah positif di wilayah Kukar masih tinggi.

Konsep dari Posko RT Sigap yang di himbaukan oleh Pemkab Kukar, yaitu setiap RT yang mempunyai Posko Tersebut, dimana pendataan setiap RT mengenai Status kesehatan di wilayahnya selalu di kontrol, dan juga pendatang baik dari dalam kota maupun luar kota.

Warga pendatang tersebut wajib melapor di Posko RT Sigap dan di cek kesehatannya oleh relawan dan tim medis dari tenaga kesehatan setempat.

Adapun persiapan Posko RT Sigap ini, warga pendatang maupun warga setempat yang mempunyai gejala Covid 19, Posko tersebut sudah menyiapkan tempat pemeriksaan lebih lanjut, dan bahkan sudah di persiapkan tempat karantina bagi warga yang di nyatakan positif Covid 19.

Bupati Kukar Edy Damansyah Berharap dengan adanya program ini, mampu menetralisir kan wabah Covid 19 di tingkat kecamatan sampai dengan tingkat RT.

“Kami juga akan tetap memantau dan setiap saat Posko RT Sigap dan relawan ini sehingga betul-betul bisa memberikan dampak angka-angka penyebaran Covid di Kukar terutama di tingkat desa/kelurahan,” lanjutnya.

“Mendirikan pintu masuk RT 01 lengkap portal dan dijaga ketat, dan bagi siapa saja tamu luar RT, terlebih datang dari luar daerah, pasti akan diskrening lebih dulu di posko jaga,” imbuhnya.

“Saya Berharap para ketua RT para penanggung jawab Posko RT Sigap nantinya harus punya data sehingga pekerjaan ini bisa terukir dengan baik sehingga energi pekerjaan tidak terbuang dan kami juga akan evaluasi kelemahan dalam program ini, sehingga Ikhtiar kita bisa bermanfaat Kedepannya,” tuturnya.

“Role model, tidak lepas dari peran RT dan kompenen masyarakat terkait ini, bagaimana penerapan Prokes,” tambahnya.

“Pedoman Kukar telah di tetapkan, sistematis dan terukur, dan setiap Minggu di evaluasi, antara Posko RT Sigap dan relawan ini bisa berjalan dengan baik,” ucapnya.

“Dan RT selaku penanggung jawab bisa menjalankan dengan baik, dan bagian ikhtiar secara fisik, serta dorongan dari masyarakat disertai doa sesuai dengan agama dan keyakinan kita masing-masing,” paparnya.

“Bangun terus kebersamaan, gotong royong adalah kekuatan kita bersama,” tukasnya. (AI)

Loading