Satgas Covid -19 GSB Tinjau Kesiapan PPKM Mikro di Tingkat RT.

Loading

BALIKPAPAN, Swara Kaltim.com —Sejauh mana penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di lingkungan RT di Kelurahan GSB (Gunung Samarinda Baru), Satgas Penanggulangan Covid-19 GSB Kecamatan Balikpapan Utara secara langsung melakukan monitoring dan supervisi di 3 RT di GSB Kamis (18/2/2021).

Monitoring Satgas Covid 19 GSB ini mengikut sertakan komponen masyarakat dari Babinsa, Babinkamtibmas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan perwakilan ormas dan lainya untuk bersama-sama melaksanakan surat edaran Walikota bernomor 300/392/ tentang PPKM berbasis Mikro.

Slamet Riyadi Ketua POSKO SATGAS Covid-19 Keluraha GSB dalam pantauan dan Kunjungan langsungnya di RT.4, RT.16 dan RT.32 banyak
menerima beberapa masukan dan penjelasan dari persiapan posko di para RT seperti warga yang masih ISOMA (Isolasi Mandiri), warga yang tidak berani periksa Covid-19 karna berdampak kondisi ekonomi, persiapan pembentukan posko, terkendala rumah isolasi mandiri, dan terkait pengecekan terhadap warga pendatang dan melakukan proses penyemprotan disinfektan, serta pola sinergi masyarakat untuk membantu warga yang terpapar Covid 19.

“Mau RT nya di perumahan atau di luar perumahan, pada prinsifnya kami mendukung Satgas Covid kelurahan untuk besinergi dengan Tim Satgas RT dalam mewujudkan harapan Pemerintah lewat Intruksi Mendagri dalam upaya pencegahan, pengendalian, penanganan pandemi Corona Virus disease 2021 ini di lingkungan Kelurahan GSB,” Kata Rahman Nursanto Ketua RT.16 didampingi Slamet Iman Santoso Wakil Ketua Satgas Covid GSB disela-sela kunjungan Tim Satgas GSB dilingkungan RT nya Kamis,(18/2/’21).

Slamet Riyadi yang juga Lurah GSB mengatakan bahwa wilayahnya terdapat 36 RT. Hampir 70 persen RT berada di lingkungan Perumahan. Terkait PPKM berdasarkan surat edaran Pemerintah Kota Balikpapan pihaknya telah melakukan langkah-langkah termasuk menggerakkan tim inti Satgas Covid-19 Kelurahan hingga sampai evaluasi pelaksanaan PPKM dilingkungan RT untuk dapat berkontribusi sesuai harapan Pemerintah.

“Seperti yang kami lakukan Kamis (18/2/’21) bersama Tim. Kami berkunjung ke wilayah RT dalam upaya mensinergikan pelaksanaan PPKM dilapangan agar berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dalam kunjungannya Lurah GSB bersama RT.16 melakukan pendataan dan bersilaturahmi langsung di kekediaman salah warga yang masih menjalani ISOMA.
Pada kesempatan itu Slamet Riyadi memberi apresisai ke warga RT.16, RT.04 dan RT.32 yang telah bersedia dikunjungi dan diminta keterangan terkait data keluarga, kesehatan dan Sapras juga fasilitas ISOMA untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“ disini di 3 RT sudah kami kunjungi, respon warganya baik, terlihat dari upaya Bapak RT dan warganya. Kami berharap kedepan kesiapan Tim Satgas RT dapat berperan lebih baik lagi ,” kata Lurah Slamet.

Mengingat tingkat penambahan Covid 19 masih tinggi Slamet Riyadi kembali mengingatkan warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau berharap dari Tim Satgas Kelurahan saja tidak lah mampu, mari kita bahu membahu mengatasi covid ini bersama-sama dengan disiplin melaksanakan prokes,” harapnya. (SIS)