Anggota Komisi I DPRD Kaltim Gelar Sosper Pajak Daerah

Anggota Komisi I DPRD Kaltim sedang memberikan pencerahan terkait pajak dan kontribusinya, Jum’at (9/4/2021).

Sangatta-Swarakaltim. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim M Udin ,S.IP menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Kaltim (Sosper) Di Wilayah Kabupaten Kutai Timur Di Gedung BPU Kecamatan Sangatta Utara, Jum’at (9/4/2021) lalu.

Adapun Perda yang disosialisasikan yakni Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Perubahan Perda Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Udin menyebutkan dengan adanya kegiatan Sosper tentang perubahan peraturan daerah tentang pajak, agar masyarakat lebih memahami tentang pemahaman mengenai perubahan Perda tentang pajak dan kontribusinya.

“Masyarakat disini sangat antusias dan aktif dalam menerima pemaparan Perda pajak dan kontribusinya,” lanjutnya.

Ternyata sebutnya dengan adanya perubahan Perda ini, masyarakat belum mengetahui, dan kurangnya pemerintah setempat memberikan informasi perubahan Perda ini.

“Tugas mensosialisasikan adanya perubahan Perda ini, bukan hanya tugas dari DPRD saja namun pemerintah setempat wajib aktif memberikan informasi kepada masyarakat agar perda yang di buat dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Saat ini, katanya masyarakat banyak yang mengeluhkan tentang informasi hasil kontribusi dari hasil pajak, sedangkan pemerintah setempat hanya mengenjot pajak nya saja.

Mendengar keluhan masyarakat tersebut, Anggota DPRD Kaltim Komisi I Udin membeberkan hasil pajak tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan Dan Belanja (APBD) Kabupaten/Kota.

“Masyarakat hanya dipemahaman untuk bayar pajak, sedangkan langkah pemerintah setelah menerima pajak tidak ada,” tuturnya.

Ia juga menegaskan kepada Pemerintah daerah khususnya Kabupaten Kutai Timur seharusnya lebih memaparkan pencapaiannya setiap tahun kepada masyarakat dari hasil kontribusi dari bayar pajak tersebut.

“Dengan cara ini masyarakat juga semangat membayar pajak, karena paham manfaat dari bayar pajak tersebut,” pungkasnya. (AI)

Bagikan:

Related posts