Hasanuddin Mas’ud Gelar Sosper Bantuan Hukum di Balikpapan

Ketua Komisi III DPRD Kaltim H. Hasanuddin Mas’ud sedang memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang Bantuan Hukum di Balikpapan, Sabtu (10/4/2021) Kemarin.

BALIKPAPAN-Swarakaltim. Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim H. Hasanuddin Mas’ud menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) tentang Penyelenggaraan bantuan hukum di Kota Balikpapan yang dihadiri sekitar 120 warga di Aula pertemuan Jalan AWS. Syahrani Gg Podhomoro Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara, Sabtu (10/4/2021) tadi siang.

Dalam pelaksanaan kegiatan Sosper ini, didampingi Lurah, RT dan Babinsa setempat dan sebagai Nara sumber bidang hukum hadir pula LBH yang ditunjuk oleh Pemerintah Kaltim yakni Saut Marisi Halomoan, S.Hut, SH, M.Hum

Melalui telepon selular Hasanuddin Mas’ud menerangkan kegiatan ini tugas dan wewenang DPRD Kaltim untuk menyebarluaskan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Kaltim.

“Dalam kegiatan ini masyarakat tidak perlu lagi takut dan bisa meminta bantuan hukum sesuai dengan permasalahannya,” lanjutnya.

“Dengan catatan ber- KTP setempat dan membawa berkas penunjangnya, sebagai bahan dalam menangani bantuan hukum tersebut,” ujarnya.

“Antusiasme peserta sangat interaktif, mereka banyak bertanya dan menyampaikan beragam masalah, baik itu terkait perkawinan dan surat tanah,” ucapnya.

Dalam memberi bantuan hukum ini, Hasanuddin kembali menegaskan warga mendapatkan pendampingan hukum secara gratis, apabila ada masyarakat yang bermasalah kemudian tidak punya biaya atau dikategorikan miskin.

“Masyarakat tidak perlu takut lagi berurusan dengan hukum terkait biaya, karena ada perlindungan hukum dari pemrov kaltim, sejak diterbitkan tahun 2019 lalu,” ungkapnya.

Ia menyebutkan seluruh masyarakat Kaltim mendapatkan hak yang sama yakni bantuan hukum secara gratis sesuai permasalahannya.

Dalam acara Sosper tersebut, turut hadir beberapa komunitas dan warga seluruh elemen masyarakat, baik tokoh pemuda, tokoh Agama dan lainnnya.

“Dengan adanya kegiatan Sosper ini, saya berharap masyarakat yang hadir turut serta membantu menyebarluaskan informasi penting ini kepada rekan, tetangga, saudara, dan masyarakat sekitarnya,” pungkasnya. (AI)

Bagikan:

Related posts