Di Lempake Rusmadi Sampaikan Progam Penanganan Sampah hingga Covid-19

SAMARINDA, Swara Kaltim
Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi kembali menghadiri Safari Ramadhan shalat Tarawih di masjid Nurul Iman kelurahan Lempake, Samarinda Utara, Jumat (7/5/2021).
“Melalui safari ini salah satu upaya menjaga silaturahmi. Hari ini adalah hari ke 73 dalam program 100 hari kerja kami bersama bapak wali kota Dr H Andi Harun,” ungkap Rusmadi dalam sambutannya.
Rusmadi menyampaikan memberi perhatian khusus terhadap persoalan yang dihadapi setiap harinya, yakni masalah sampah.
“Dalam program 100 hari kerja kami, salah satu prioritas adalah penanganan kebersihan kota diantaranya masalah sampah,” ungkap Rusmadi.
Yang sudah berjalan dan berhasil sebutnya merelokasi Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang berada di pinggir jalan protokol atau utama.
“Kita ingin tidak ada lagi TPS di pinggir jalan. Sebagai daerah penyangga ibukota negara, akan banyak yang datang ke Samarinda. Jangan sampai kedatangan mereka disambut dengan sampah,” pesan Rusmadi.
Oleh karena itu ia mengajak untuk menjadikan Samarinda kota yang bebas dari Samarinda dimulai dari rumah tangga.
“Ke depan kita akan membuat TPS yang bisa memilah sampah menjadi berharga. Mempunyai nilai untuk meningkatkan pendapatan. Seperti menjadi kompos, kaleng-kaleng dan plastik setelah dipisahkan dijual,” katanya.
Ia menyebutkan namanya Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Reduse, Reuse, Recycle (3R) yang akan dibangun dengan menjangkau warga di wilayah Lempake berada di Kelurahan Gunung Lingai dan Kelurahan Tanah Merah.
Menurutnya dengan menangani persoalan sampah untuk kebersihan kota juga turut berkontribusi mengurangi persoalan banjir.
“Salah satunya bagaimana kita mengatasi banjir, dengan memastikan aliran parit lancar. Apakah sampah, tiang tiang rumah, pipa pipa tidak menghambat jalannya air menuju ke parit besar dan sungai,” imbuhnya.
Kemudian persoalan Covid-19 pun kata mantan Sekprov Kaltim ini menjadi perhatian khusus Pemkot Samarinda dibawah kepemimpinan mereka seusai dilantik 26 Februari 2021.
“Selain mengatasi masalah kesehatannya, juga penting untuk menumbuhkan kembali perekonomian. Pak wali membuka ruang untuk kegiatan ekonomi. Jadi kita jangan takut berlebihan dengan Covid. Tapi jangan atas nama ekonomi, sebebas-bebasnya berusaha. Tetap protokol kesehatan dan jangan lengah,” pesan mantan kepala Bappeda Kaltim ini.
Dalam kesempatan itu, Rusmadi menyampaikan dana bantuan untuk masjid. Tampak mendampingi Wawali, mulai Kabag Kesra Abdul Jami, Camat Samarinda Utara Syamsu Alam dan Lurah di kecamatan Samarinda Utara.(DON/KMF-SMD)

Bagikan:

Related posts