Apakah Desentralisasi dan Otonomi Berhasil Membawa Kemakmuran Bagi Daerah.

Presiden PKS Akhmad Syaikhu

—Bagian ke -2—

—- Pengantar Redaksi—-
Perjalanan Reformasi hampir 2 dekade. Semangat Reformasi adalah semangat untuk memberikan keadilan politik dan ekonomi pada daerah. Pertanyaan mendasarnya yang harus kita ajukan adalah apakah desentralisasi dan otonomi daerah ini telah berhasil membangun membawa kemakmuran bagi daerah. Berikut pemikiran Presiden PKS Ahmad Syaikhu yang paparkan Wartawan Swara Kaltim Drs. Slamet Iman Santoso yang ditulis menjadi 3 bagian bersambung berikut ini.

Bagi PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) desentralisasi dan otonomi bukan hanya terkait keseimbangan kekuasaan Pusat dan Daerah. Tapi ini merupakan komitmen kebangsaan untuk membangun persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rasa persatuan akan hadir jika keadilan itu terwujud dalam kebebasan daerah untuk menata daerahnya secara mandiri.

Perjalanan reformasi hampir dua dekade. Desentralisasi dan otonomi daerah telah membawa wajah baru politik dan pemerintahan kita di tanah air. Bangsa Indonesia telah beberapa kali menyelenggarakan Pilkada serentak di ratusan daerah. Baik pilkada tingkat Kabupaten Kota, hingga pilkada tingkat Provinsi.
“Kita tentu bersyukur karena proses demokrasi kita saat ini ditingkatkan daerah berjalan baik. Kontestasi pilkada berjalan dengan baik dan resolusi konflik pesta pilkada juga dapat di selesaikan secara konstitusional,” kata Syaikhu.

Sekarang pertanyaan mendasar yang harus jika ajukan itu adalah apakah desentralisasi dan otonomi daerah ini telah berhasil membangun membawa kemakmuran bagi daerah. Dan apa juga sudah berhasil membawa rasa keadilan yang seutuhnya bagi warga. Apakah juga sudah menghadirkan solidaritas dan kohesi sosial yang kuat.

Pertanyaan itu kata Syaikhu tentu akan membawa kita pada satu jawaban yang sama. “Bahwa desentralisasi dan otonomi daerah masih berjalan secara prosedural. Tapi secara substansial masih perlu perbaikan dan penyempurnaan,’ ujarnya.

PKS dalam perjalanan politik nya, telah banyak melahirkan banyak Kepala-kepala daerah. Banyak Kepala daerah PKS yang memiliki prestasi yang dapat menjadi contoh. Keberhasilan pimpinan daerah adalah tangga yang baik bagi kepemimpinan Nasional. ” Kita berharap kepada kepala daerah yang telah sukses memimpin di daerah tidak berhenti sampai daerah saja. Semua harus harus mempersiapkan diri menjadi pemimpin Nasional. Insya Allah, ” pinta Presiden PKS Akhmad Syaikhu sosok pemimpin yang hapal Al-Qur’an.
Bagaimana terkait penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (Ham) serta pemerintahan yang bersih dan berwibawa Good and Clean Governance menurut Syaikhu. Edisi Swara Kaltim besok akan mengulas di tulisan bagian ke 3 akhir. (SIS).

Bagikan:

Related posts