Dinas Pangan Gelar Pembinaan Pupuk Bersubsidi

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim menggelar pembinaan pupuk bersubsidi bagi petani dan pemilik kios.Salah satunya, kegiatan di Kios Setia Makmur milik Mahyuddin di Kecamatan Anggana Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan satu hari ini dipimpin langsung Kadis Pangan, TPH Kaltim didampingi Kabid Produksi TP beserta jajaran. Diawali dengan proses penebusan pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani dengan mesin EDC (electronic data capture)Kegiatan dihadiri Kabid PSP Distannak Kukar, Sekcam Anggana, Kepala BRI Anggana, pejabat PT Pupuk Kaltim, Petro Gresik, kepala UPT, kepala BPP, PPL, wakil Gapoktan, serta petani pengguna pupuk bersubsidi.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan baik,” kata Siti Farisyah Yana usai kegiatan, dikutip Swara Kaltim dari Berita Biro Humas Setprov Kaltim, Rabu (19/5/2021).

Dia mengakui pemilik kios dan petani sudah paham menggunakan Kartu Tani dengan mesin EDC.Namun demikian lanjutnya, ada beberapa¬† hal yang menjadi catatan, seperti istribusi kartu tani di Kecamatan Anggana masih berjalan.Kartu Tani per NIK lanjutnya, gunanya untuk buku tabungan, sebagai ATM dan membeli pupuk bersubsidi. “Kartu tidak boleh hilang, karena tidak ada kartu penggantinya,” pesannya.

Siti Yana mengingatkan EDC harus dipakai secara tertib, pihak BRI setempat siap mendampingi teknis ITnya.Selain itu, alokasi pupuk bersubsidi harus dimanfaatkan dengan baik, sesuai e-RDKK.Pada dasarnya, ujar Siti Yana, diperlukan keberlanjutan penginputan penyaluran pupuk melalui e verval.

“Kita bersyukur program pupuk bersubsidi berjalan baik. Ini menunjukkan semua pihak berkomitmen mendukung pembangunan pertanian di wilayah kita,” ungkapnya.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts