Besok Gerhana Bulan Terjadi Semua Wilayah

Swarakaltim.com – Fenomena alam gerhana bulan akan berlansung total pada Rabu malam besok, bisa berlangsung hampir 3 jam. Gerhana atau disebut Super Blood Moon akan terjadi pada Rabu 26 Mei 2021 dan bisa disaksikan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Kota-kota/kabupaten dalam wilayah di Provinsi Kaltim, Gerhana Bulan Total dimulai pukul 19.09 Wita (sekitar jam 7 malam), puncak gerhana pukul 19.18 Wita dan gerhana berakhir pada pukul 21.51 Wita.


Menurut pusat sains Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), di Instagram resminya menyampaikan Gerhana Bulan Total kali ini akan tampak spesial, karena beriringan dengan terjadinya perige, yakni bulan berada di jarak terdekatnya dengan bumi.

Bulan akan tampak merah karena pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi. Oleh karenanya Gerhana Bulan Total kali ini disebut juga dengan bulan merah super atau Super Blood Moon.


Hal tersebut dikuatkan berdasarkan data Astronomis yaitu ilmu bintang atau ilmu falak, yang merupakan cabang ilmu alam meneliti benda langit serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Sementara itu, Kemenag (Kementerian Agama) RI dalam laman resminya Instagram, Facebook maupun Twitter menyebut umat Islam yang daerahnya mengalami gerhana dan aman Covid-19 diiimbau untuk melakukan shalat sunnah gerhana sesuai tuntunan syariah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dianjurkan pula untuk bertakbir terlebih dahulu, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya. *Bn
Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts