Warga Sebut, Kurangnya Tanaga Profesional dan Mobil Damkar di Ujoh Bilang

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Kebakaran di pusat Ibu Kota Kabupaten Mahakam Ulu, UJoh Bilang, Kecamatan Long Bagun kembali terjadi dengan menghanguskan 8 unit rumah warga dan Kantor Cabang Bank BRI serta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU-PR) Kabupaten Mahulu, Sabtu (29/5/2021).

Dari visual amatir yang diunggah netizen ke media sosial Facebook, terlihat warga berupaya memadamkan kobaran api yang terus menjalar ke rumah lainnya di RT 01 Kampung UJoh Bilang, sejak pukul 03.45 WITA.

Dalam video tersebut, warga melontarkan keterbatasan Unit Damkar dan petugas ahli dari Pemadam Kebakaran Pemkab Mahulu yang turun ke lokasi kejadian. Sehingga dengan cepat si jago merah melahap rumah warga tampa ada yang tersisa.

“Kebakaran di Ujoh Bilang dari jam 4 pagi. Keterbatasan mobil damkar dan tenaga profesional. Semoga kedepannya, Ujoh Bilang memiliki mobil damkar lebih dari 2 unit,” ungkap netizen dalam video amatir tersebut.

Selain itu ia juga meminta kepada pihak berwenang bisa memperhatikan tempat tinggal mereka yang merupakan wilayah pedalaman perbatasan Kaltim dengan negara tetangga Serawak Malaysia.

“Semoga pihak berwenang memperhatikan tempat tinggal kami di pedalaman. Karena yang namanya marabahaya terutama api tidak memandang dikota, dikampung, atau pun di pedalaman,” tuturnya.

Pantauan media ini, api cepat membesar dan menjalar ke seluruh bangunan rumah yang terbuat dari bahan bangunan kayu. Karena keterbatasan peralatan warga pun tidak bisa berbuat banyak untuk mengendalikan kobaran si jago merah.

Sebelumnya Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto menyebut, kejadian nahas itu tidak ada korban jiwa. Namun kerugian pihak korban ditaksir dengan keseluruhan menyampai miliaran rupiah.

“Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini.Data sementara, setidaknya ada delapan rumah penduduk dan Kanca BRI serta DPU-PR Mahulu hangus terbakar,” jelas Purwanto.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran diketahui sekitar pukul 03.WITA. Titik api terlihat dari salah satu rumah penduduk. Sejumlah warga yang mengetahui peristiwa itu langsung bergotong royong berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya dan melapor ke petugas Damkar Pemkab Mahulu.

Penulis : Rahmad/Vino
Editor : Alfian (SK)
Publisher : Rin

Bagikan:

Related posts