Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jalan Protokol Disemprot Eco Enzyme Upaya Putus Covid-19

SAMARINDA, Swara Kaltim
Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-dunia yang jatuh tiap tanggal 5 Juni, Komunitas Eco Enzyme bekerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda, serta Satuan Tugas (Satgas) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) melakukan penyemprotan eco enzyme di jalan-jalan protokol dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda.
“Kita tahu bahwa kita masih di dalam masa pandemi Covid-19, dan kota ini selalu berusaha beradaptasi dan berupaya untuk percepatan penanggulangan Covid-19. Kita ingin memastikan agar kota ini sehat, masyarakat sehat, agar kita dapat memulihkan ekonomi kita sehingga berjalan dengan baik,” kata Wali Kota Samarinda Dr Andi Harun saat menghadiri acara Pelepasan dan Penyemprotan Eco Enzyme Ramah Lingkungan di Ruas Jalan Protokol se-Kota Samarinda, Sabtu (5/6/2021) pagi.
Ia mengatakan Covid-19 membuat sektor ekonomi mengalami banyak masalah. Bahkan pendapatan untuk APBD saja mengalami penurunan. Di sisi lain, anak-anak sampai saat ini belum kembali bertatap muka di sekolah. Oleh sebab itu, ia berharap agar semua harus bersatu padu hingga Covid-19 benar-benar hilang.
“Apa yang kita lakukan hari ini adalah salah satu upaya dengan menggunakan produk Eco Enzyme hasil fermentasi selama tiga bulan dengan berbahan sampah organik, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, molase, gula aren, dan air bersih,” kata Wali Kota.
Untuk diketahui, Eco Enzyme sendiri pertama kali diperkenalkan Dr Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Gagasan proyek ini adalah untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya kita buang ke dalam tong sampah sebagai pembersih organik.
Tidak menutup kemungkinan, ke depan Pemkot Samarinda akan melakukan gerakan hidup bersih, sehat, dan ramah lingkungan. Salah satu caranya adalah memanfaatkan limbah sampah dapur yaitu sisa sayur dan buah.
Relawan Komunitas Eco Enzyme Samarinda Yulianti mengapresiasi atas dukungan Pemerintah Kota Samarinda untuk kegiatan hari ini.
Ia berharap sosialisasi eco enzyme bisa semakin luas sehingga tujuan menyelamatkan bumi semakin banyak mendapat dukungan.
Dikatakannya pula selain DLH, tim TP PKK kota Samarinda juga turun mensosilisasilan.
“Sekitar sebulan yang lalu juga melalukan sosialisasi di aula rumah jabatan Samarinda dengan dukungannya DLH,” beber Yulianti.(dho)

Bagikan:

Related posts