Stimulus Bagi Parpol, Bersama Rakyat Tekan Penyebaran Covid-19

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Pemprov Kaltim Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Keuangan Bagi Partai Politik Tingkat Provinsi Kaltim, di Ballroom Crystal Hotel Mercure Samarinda, Selasa (08/06).

Kegiatan ini dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Prov Kaltim HM Sa’bani yang ditandai dengan pemukulan gong, didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus dan Perwakilan BPK RI Kaltim. 

Dalam arahannya, Sekda Prov Kaltim HM Sa’bani mengapresiasi kegiatan ini yang bernilai penting, karena berkaitan dengan terbitnya Permendagri No. 78/2020 tentang Perubahan terhadap Permendagri No. 36/2018 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik (Bankeu Parpol).

Sebagai respon pemerintah, untuk memberi peran parpol untuk ikut mengkampanyekan tentang kepatuhan masyarakat terhadap aturan protokol kesehatan (prokes) guna menekan penyebaran Covid-19 di tanah air, khususnya Kaltim. 

“Disini pemerintah hanya menstimulus, karena parpol juga semakin mandiri. Pemerintah daerah menstimulus ini juga sesuai dengan kemampuan daerah. Kita harapkan melalui bantuan parpol ini paling tidak dengan dana yang sedikit dari pemerintah ini dapat digunakan sebaik-sebaiknya untuk belanja penting yang terkait dengan masyarakat, khususnya untuk konstituen. Guna membangun narasi positif, terkait peran parpol dan rakyat untuk bersatu melawan Covid-19 di daerah ini,” jelasnya. 

Sa’bani mengingatkan kepada para peserta Bimtek yang terdiri dari pengurus parpol (ketua, sekretaris, bendahara dan pengelola keuangan) agar dapat mengikuti Bimtek dengan sebaik-baiknya dan memahamo materi yang disampaikan langsung oleh nara sumber Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Syarmadani dan BPK RI Perwakilan Kaltim. 

“Gunakan dengan sebaik-baiknya untuk operasional parpol. Meskipun dana ini tidak besar, tetapi harus dipertanggungjawabkan dengan baik pengelolaannya dan sesuai aturan, serta harus di audit oleh BPK RI,” pungkasnya.(her/yans/humasprovkaltim/adv/aya/sk).

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts