Gubernur dan Ketua TP PKK Kaltim akan Terima Manggala Karya Kencana

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Komitmen Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor dalam mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) mendapat perhatian BKKBN RI. Keduanya diusulkan untuk menerima penghargaan Manggala Karya Kencana tahun ini.

“Ini ndak salahkah? Gubernur dan Ketua Tim Penggerak PKK Kaltim akan menerima penghargaan Manggala Karya Kencana. Rasanya aku belum ada karya apa-apa. Tapi terserahnya BKKBN. Kalau ada penghargaan kita terima. Kalau tidak ada kita kecewa,” canda Gubernur Isran saat memberi sambutan selamat datang kepada Tim Uji Petik BKBBN RI yang dipimpin Deputi Bidang Pengendalian Dwi Listyawardani di Pendopo Odah Etam dalam acara Gelar Promosi Program Bangga Kencana Provinsi Kalimantan Timur, Senin (14/6/2021).

Kedatangan tim ini lanjut Isran, untuk menilai sukses pengendalian penduduk termasuk peningkatan kesejahteraan keluarga di Kalimantan Timur. Menurutnya, ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar bagi Kalimantan Timur menjadi salah satu provinsi yang akan mendapatkan apresiasi atas prestasi yang dapat diandalkan.

“Bagi kami penghargaan bukanlah tujuan, tetapi pengakuan dan bukti nyata bahwa pemerintah provinsi dan rakyatnya telah bekerja dengan baik untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” kata Isran lagi.

Gubernur menegaskan Pemprov Kaltim akan terus berkomitmen mendukung program nasional keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera. Dia pun mengajak masyarakat Kaltim berperan aktif dalam sinergi mendukung sukses Program Bangga Kencana secara berkesinambungan.

“Karena kami menyadari, bahwa peran keluarga adalah faktor utama dalam suksesnya pembangunan di berbagai bidang. Keluarga adalah penyokong utama pembangunan,” tegas Isran.

Sementara Deputi Bidang Pengendalian Dwi Listyawardani yakin Gubernur Isran Noor dan Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor telah memberikan kontribusi besar dalam Program Bangga Kencana, sehingga pantas dan sangat layak menerima penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2021.

“Saya yakin Pak Gubernur dan Ibu Ketua PKK sejak awal sudah sangat besar dukungannya terhadap Program Bangga Kencana. Penghargaan dari BKKBN sebenarnya bukan apa-apa, mungkin kecil sekali dibanding dukungan yang telah dan akan terus diberikan Bapak dan Ibu Gubernur untuk Program Bangga Kencana ini,” balas Dwi.

Kaltim lanjut Dwi memiliki nilai plus dalam hal inovasi terhadap dukungan Program Bangga Kencana. Salah satu disebutkan Dwi Listyawardani soal perhatian APBD Kaltim yang langsung diarahkan ke desa-desa untuk penanganan stunting dan pemberian makanan tambahan.

“Sebelum provinsi lain berinisiatif, Kaltim sudah duluan. Sejak awal Kaltim sudah paham. Ada dana APBD yang disalurkan untuk stunting dan pemberian makan tambahan. Belum ada dukungan APBN, sudah ada inisiatif. Ini nilai plus bagi Kaltim,” tegas Dwi.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Kaltim memaparkan berbagai program dan dukungan untuk Program Bangga Kencana. Yakni dukungan terhadap Hari Kesatuan Gerak PKK, Bangga Kencana dan Kesehatan.

Kemudian dukungan terhadap program percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi (AKI/AKB). Tentu dukungan pula untuk program percepatan penurunan stunting, dan terakhir dukungan untuk percepatan penurunan kasus Covid-19.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi dan Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Muhammad Edi Muin, serta kepala OPD terkait di lingkup Pemprov Kaltim.

Pada kesempatan itu juga diserahkan piagam penghargaan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) kategori paripurna dari BKKBN RI. Ketiga sekolah tersebut adalah SMAN 8, SMAN 5 MAN 1 Samarinda.(sul/humasprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts