DLH Hijaukan Tepian Lewat Jeng Rinda dan Sumbangan Tanaman ASN yang Dilantik

SAMARINDA, Swara Kaltim
Dengan rencana pengembalian fungsi Kawasan Tepian Mahakam menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda (DLH) langsung gerak cepat tanpa harus menunggu anggaran.

Kepala DLH Samarinda Nurrahmani mengatakan telah melakukan penghijauan setelah menerima instruksi dari Wali Kota Samarinda Andi Harun tanpa harun menunggu anggaran APBD.

“Pekerjaan penghijauan kembali di taman Tepian Mahakam sudah selesai dalam 3 hari,” ucap Yama demikian akrab disapa kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Yama menegaskan tanpa harus menggunakan dana APBD, proyek penghijauan kembali bisa terlaksana.
“Alokasi  proyek penghijauan ini menggunakan dana hasil donasi program Jelantah Membangun Samarinda (Jeng Rinda) sebesar Rp 3 juta untuk 100 meter. Ada juga tanaman beras dari sumbangan ASN yang baru dilantik beberapa waktu lalu. Karena ada edaran wali kota bagi pejabat yang dilantik diwajibkan menyumbang tanaman,” beber mantan Camat Sungai Kunjang ini.

Terkait perawatan, Nurrahmani mengatakan akan terjaga apabila tidak ada Pedagang Kaki Lima (PKL).

Ia mengakui lumayan terjaga selama PKL tidak ada. Namun karena Tepian Mahakam akan dibuka kembali sementara untuk PKL, hal ini menjadi tantangan bagi DLH.
Dimana mereka akan memasang lebih banyak pospor yang menyala kalau gelap tiap tanaman untuk menghindark diinjak.(dho)

Bagikan:

Related posts