DPMPD Kaltim Didik Jafung PSM se-Kalimantan

DERAWAN, Swarakaltim.com – Meningkatkan kualitas jabatan fungsional (Jafung) Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) se Kalimantan. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melaksanakan sosialisasi Jafung PSM se Kalimantan.

Seperti diketahui Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia menerbitkan surat Nomor 800/2603/OTDA tertanggal 22 April 2021 tentang penyederhanaan birokrasi pada jabatan Administrasi di lingkungan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Maka, melalui kegiatan sosialisasi ini diharap dapat meningkatkan pemahaman terkait perihal tata cara penyusunan Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan uraian tugas Jabatan Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat (JF atau Jafung PSM) Tingkat Keahlian pada DPMPD Kaltim.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim. Sosialisasi ini sebagai pendidikan bagi Jafung, agar meningkatkan kualitas Jafung, termasuk menjadi langkah positif mendukung percepatan pemberlakuan kebijakan penyederhaan birokrasi,” sebut Kepala DPMPD Kaltim HM Syirajudin saat pembukaan Sosialisasi JF PSM, di Pulau Derawan, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Rabu (23/6/2021).

Kesempatan tersebut Iyad sapaan akrab Syirajudin berpesan, agar peserta mengikuti jalannya sosialisasi dengan seksama dari awal hingga akhir. Bila ada hal-hal yang kurang dimengerti dapat menanyakan kepada narasumber yang dihadirkan agar siap saat kebijakan penyederhanaan birokrasi benar-benar dilaksanakan di daerah.

Terutama, bagi instansi terkait membidangi urusan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dan kelurahan provinsi se Kalimantan dan kabupaten/kota se Kaltim. Peserta menunjukkan antusiasnya mengikuti kegiatan ini. Terlebih pelaksanaannya menjadi yang pertama secara nasional dan di Provinsi Kaltim, tentu capaiannya akan menjadi contoh daerah lain.

“Saya yakin dan berharap, melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman terkait hal-hal baru dalam pelaksanaan tugas pengabdian kepada masyarakat, terlebih guna mewujudkan Visi Pembangunan Berani untuk Kaltim Berdaulat,” jelasnya.

Hadir, Sekretaris DPMPD Kaltim H Surono dan sejumlah pejabat eselon III dan IV lingkungan DPMPD Kaltim dan se Kalimantan. Sosialisasi dibuka Wakil Bupati Berau Gamalis.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts