Hadi: Peran dan Tugas Penghulu Sangat Mulia

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengukuhkan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kaltim yang disaksikan Ketua Umum DPP APRI Madari dan dan Kakanwil Kementerian Agama Kaltim Masrawan, di Hotel Diamond Samarinda, Selasa (29/6/2021). ‌

Wagub Hadi mengapresiasi atas dikukuhkannya DPW APRI Kaltim periode 2021-2026. Tantangan dan kendala yang dihadapi penghulu sebenarnya sangat berat. Tetapi peran dan tugas penghulu sangat mulia. Ia adalah bagian dari tumpuan hajat orang banyak, khususnya mereka yang akan melangsungkan pernikahan. 

“Dalam Islam, agama itu adalah memberi nasehat kepada siapa saja. Untuk itu saya akan menyampaikan nasehat. Penghulu ini identik dengan ulama, yang sudah sangat memahami agama. Yang jelas pastikan dalam mengerjakan sesuatu itu dengan ketulusan dan keikhlasan. Karena, peran penghulu saat ini begitu besar di akar rumput, bukan hanya melakukan pelayanan pengesahan akad nikah dan rujuk semata, namun lebih dari itu para penghulu berada di garis depan dalam membimbing, membina dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat, sehingga ummat Islam semakin paham dan mempunyai kesadaran dalam menjalankan nilai dan perintah Agama dengan baik dan benar,” jelas Hadi Mulyadi. 

Untuk itu, mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini menaruh harapan besar kepada jajaran Ketua dan Pengurus DPW APRI Kaltim, agar lembaga lembaga terkait untuk tidak putus asa, selalu semangat dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan yang terbaik kepada masyarakat. 

“Sehingga pranata sosial kita, khususnya rumah tangga, keluarga dapat terbangun dengan landasan iman, menjadi Sakinah, Mawaddah, Warahmah. “Tuntung Pandang Waja Sampai ka Puting”. Terus bangun koordinasi dan kerja sama dengan semua pihak, untuk  mensukseskan program dan kegiatan para penghulu. Dengan sinergi bersama akan semakin memantapkan jalan dan kualitas pengabdian para penghulu dimasa depan,” harapnya. (her/yans/humasprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Loading