Pandemi Covid-19, Pelayanan Perpustakaan Dibatasi

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Masih terjadinya penularan Covid-19 di Kaltim dan khususnya di Samarinda, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kaltim, berada di Jalan Ir. H. Juanda No.4, Air Hitam, Kecamatan. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, untuk sementera membatasi jumlah pengunjung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim H Elto, menjelaskan masih terjadinya penularan Virus Corona (Covid-19) di Kaltim saat ini, berdampak pada pembatasan aktivitas pelayanan publik secara fisik.

“Jadi pera pengunjung sebelumnya mendafrtar lewat online, setelah itu mereka diberikan jadwal kunjungan, hal ini sebagai upaya supaya tidak terjadi penumpukan pengunjung, jadi datangnya tidak bersamaan, tetapi sesuai jadwal kita berikan yang tentunya para pengunjung tetap melaksanakan protokol kesehatan, khususnya penerapan 3M,” kata Elto dikutip Swara Kaltim melalui berita Biro Humas Setprov Kaltim.

Elto juga mengharapkan, selain datang langsung ke Perpustakaan, masyarakat juga membaca buku pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim melalui layanan perpustakaan online menggunakan aplikasi iKaltim.

“Namun demikian ada juga masyarakat yang sudah terbiasa untuk meminjam buku, terutama para mahasiswa yang sudah menyusun skripsi maupun membuat tugas makalah, tentu mereka memerlukan beberapa judul literatur, hal seperti tetap kita layani,”tandasnya.

Untuk membuka pelayanan seperti biasa, Elto menjelaskan, tentu melihat perkembangan penyebaran Covid-19 yang masih terjadi, apabila semakin meningkat kasusnya, tentu tidak bisa, akan tetapi kalau kasusnya terus menurus menurun kemungkinan pelayanan akan dibuka seperti biasa.

“Untuk membuka pelayanan kepada masyarakat, tentu kita harus minta ijin terlebih dahulu kepada Satgas Covid-19 Kota Samarinda, oleh karena itu kita harapkan penularan Covid-19 di Kaltim dan khususnya Samarinda dapat terus menurun, sehingga kita dapat memaksimalkan pelayanan
kepada masyarakat,”ujar Elto.(aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts