BPBD Kaltim Distribusikan Beras dan Bubur Bayi untuk Korban Banjir Lok Bahu

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim memberikan bantuan dan pertolongan kepada warga terdampak banjir yang terjadi akibat hujan dengan intensitas sedang – lebat, Jumat lalu.

Warga yang masih terdampak banjir hingga hari ketiga berada di Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kaltim Yudha Pranoto menjelaskan pemantauan oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Kaltim dilakukan ke daerah terdampak.

Yakni Gang Kutai RT 14, Gang 12 RT 12, Gang Artania RT 13, Gang Kasih RT 28, Gang Mandiri RT 13, dan Gang Surya RT 13, 31 dan 28.

“Tim kami menyerahkan bantuan berupa beras, minyak goreng, sarden, susu, makanan/bubur bayi, dan masker,” kata Yudha Pranoto, Minggu (4/7/2021).

Bantuan diserahkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kaltim dan diterima oleh lurah setempat. Tim BPBD Kaltim juga melakukan pendataan berkoordinasi dengan BPBD Kota Samarinda.

Saat ini lanjut Yudha, warga membangun posko-posko unit di wilayah RT terdampak banjir. BPBD Samarinda dilaporkan telah mengirimkan armada perahu di beberapa titik untuk mobilisasi warga. Total perahu yang disiapkan berjumlah 5 unit.

“Tinggi muka air mengalami penurunan hingga 20 cm dari sebelumnya mencapai 1 meter,” ungkap Yudha.

Dilaporkan juga dalam penanganan warga terdampak banjir ini, semua unsur Muspika Sungai Kunjang bersinergi, sekaligus berkolaborasi dengan dunia usaha untuk memberikan bantuan dan pertolongan kepada warga terdampak.

Secara umum Yudha menilai pelayanan bantuan sudah diberikan dengan baik, meski keluhan masih ada dari sejumlah warga.

“Yang pasti pemerintah akan terus hadir untuk membantu warga. Semoga tidak ada lagi hujan dengan intensitas lebat, sehingga tinggi air bisa terus menurun,” pungkas Yudha.(sul/humasprovkaltim/adv/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts