Mahasiswa UMM Bantu Pola Hidup dengan Tandzif Desa

TENGGARONG, Swarakaltim.com – Sedikitnya lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang terhimpun dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Kelompok 97 untuk yang kesekian kalinya berkolaborasi dengan masyarakat desa dalam memprioritaskan pola hidup sehat, dengan mengadakan kegiatan tandzif desa.

“Tujuan daripada kegiatan ini adalah, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan,” sebut kelima mahasiswa UMM tersebut kepada Swara Kaltim, Sabtu 3 Juli 2021.

Menurut salah satu mahasiswa tersebut, kenyamanan dan kebugaran jasmani di masa pandemi serta pentingnya melakukan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak merupakan kewajiban setiap masyarakat. Lebih lanjut, disebutkan, aktifitas tandzif desa ini berlangsung sejak (19/6/2021) hingga Sabtu (3/7/2021).


Memang, lanjut kelima mahasiswa tersebut, membutuhkan waktu yang cukup lama, karena banyak kegiatan di dalam agenda tersebut seperti membersihkan kebun Kelompok Wanita Tani (KWT) dan membantu pembibitan, menjaga kebugaran jasmani dengan melakukan senam setiap kamis sore, bekerjasama dalam posyandu lansia dan posbindu, gotong royong dengan berkumpul di titik tertentu pada setiap RT dan menghias gapura KWT atas permintaan Ketua PKK sebagai bukti pelaksanaan amanah dari Dinas Ketahanan Pangan Kukar.

Kontribusi yang diberikan adalah mewujudkan KWT yang indah nan asri dan membantu pengembangan rumah bibit, mendatangkan instruktur senam atas permintaan ibu PKK, membantu dalam pengecekan kesehatan remaja, dewasa akhir dan lansia serta kesanggupan dalam melaksanakan gotong royong dari RT 1-7.
“Ingkatnya ragam agenda yang kami laksanakan itu tidak lain ialah untuk mengimplementasikan slogan Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa,” tutur kelima mahasiwa jas merah kampus putih itu.(ai/aya/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts