Anak Dubes Maroko Dicopot Menantu Jokowi

MEDAN, Swarakaltim.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution yang merupakan menantu dari Presiden RI Joko Widodo mencopot sementara Muhammad Yasir Rizka yang merupakan anak dari Dubes RI di Maroko dari jabatan Camat Medan Maimun.
Yasir merupakan anak dari Dubes RI di Maroko, Hasrul Azwar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media, Rabu (7/7/2021), Yasir dicopot sementara untuk diperiksa terkait dugaan penyalahgunaan wewenang.

Penyalahgunaan wewenang itu diduga terkait pungutan liar (pungli). Pemeriksaan masih dilakukan oleh Inspektorat Pemko Medan.
Yasir menambah panjang daftar pejabat di Medan yang dicopot Bobby. Setidaknya, ada lima pejabat di Medan yang dicopot sejak Bobby menjabat pada Februari 2021.

Pejabat yang dicopot itu dari Kepala Dinas hingga Kepala Lingkungan (Kepling). Pencopotan terbanyak dilakukan terkait dugaan pungli.

“Sementara saja dicopotnya, karena memang lagi ada kebutuhan dari inspektorat untuk melakukan sesuatu perihal. Ini kita berhentikan tugasnya sementara,” kata Bobby soal pencopotan Yasir di Balai Kota Medan, Senin (5/7/2021).

Namun Bobby tidak menjelaskan secara rinci alasan pemberhentian sementara Yasir. Saat ditanya soal dugaan pungutan liar (pungli), Bobby meminta dikonfirmasi langsung ke Inspektorat Pemkot Medan. “Itu nanti inspektorat yang menjawab, bukan saya yang periksa,” ucap Bobby.

Terpisah, Plt Kepala Inspektorat Kota Medan, Laksamana Putra Siregar menjelaskan soal pemberhentian sementara Camat Medan Maimun. Putra menyebut Yasir sedang dalam pemeriksaan inspektorat.

“Pemberhentian sementara terkait dengan proses pemeriksaan dugaan penyalahgunaan kewenangan,” ujar Laksamana Putra.(dtc/sk)

Editor : Redaksi

Publisher : Alfian (SK)

Bagikan:

Related posts