Perpustakaan ORBIT SMA Negeri 7 Berau Wakili Kaltim Ke Tingkat Nasional

Bupati Kabupaten Berau Sri Juniarsih Mas

Bupati: Prestasi Penting, Lebih Penting Kembangkan Inklusi Sosial

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Wujud nyata keberhasilan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Berau dalam menjalankan peran dan fungsinya dimasyarakat, membuahkan hasil nyata. Dari prestasi yang diberikan kepada daerah ditahun 2021 ini, ada tiga perpustakaan di Bumi Batiwakkal mendapat penghargaan terbaik se Kalimantan Timur (Kaltim), termasuk salah satu Perpustakaan Berau melaju ketingkat nasional mewakili Kaltim yaitu Perpustakaan ORBIT SMA Negeri 7 Berau.

Tentu berbagai persiapan telah dilakukan, meskipun ditengah pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) oleh Perpustakaan ORBIT untuk berlaga dalam lomba perpustakaan sekolah SMA/SMK tingkat nasional tahun 2021. Sebagaimana diungkapkan Bupati Kabupaten Berau Sri Juniarsih Mas, bahwa beliau sangat mengapresiasi kegigihan Perpustakaan ORBIT SMA negeri 7 dalam mengembangkan perpustakaan sekolah yang berbasis inklusi sosial, dengan turut mendalami membatik khususnya batik Berau yang merupakan program kearifan lokal Bumi Batiwakkal ditambah saat ini dalam masa pandemi.

“Jadi dalam lomba perpustakaan sekolah SMA/SMK tingkat nasional bakal diikuti Perpustakaan ORBIT, target kita prestasi penting dalam hal perlombaan, namun lebih penting mampu kembangkan inklusi sosial,” ungkap Srikandi pertama berhasil menjadi Petinggi di Kabupaten Berau. Masih tokoh Politik dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, keunggulan utama dari Perpustakaan ORBIT yang sangat patut diacungkan jempol yaitu pengembangan layanan inklusi sosial kepada masyarakat dan warga sekolah. Seperti budaya membatik dengan motif Berau dan mengumpulkan informasi serta produksi batik di beberapa kampung. “Dari keunggulan itu saya optimis Perpustakaan ORBIT dapat memenuhi semua kriteria dengan nilai maksimal,” ujar Bupati Sri Juniarsih.

 Selain itu lanjut orang nomor satu di Berau tersebut, luar biasanya Perpustakaan ORBIT tetap memberikan pelayanan bimbingan belajar secara daring dan luring karena Perpustakaan ORBIT memiliki ruang multimedia dengan 45 unit komputer yang dapat digunakan dalam program layanan tersebut. “Ternyata kelebihan Perpustakaan ORBIT juga dalam mendalami membatik telah menjalin bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau. Tentu ini sangat positif dan perlu ditingkatkan,” tutur beliau. Sehingga tambah beliau, seluruh kampung kedepan bisa menerapkannya. Karena kemajuan daerah sangat bergantung dari Sumber Daya Manusia (SDM) . “Jadi sekali lagi target kita tidak hanya prestasi, tapi membuat layanan inklusi ini berkembang di masyarakat. Salam Literasi,” kata Bupati Sri Juniarsih. (nht)

Bagikan:

Related posts