Mahulu Ada Kampung Tangguh Covid-19, Danum Paroy Tetap Zona Hijau

Caption: Petugas Linmas pertegas warga pengunjung mematuhi protokol kesehatan saat melintasi Posko Covid-19 di Kampung Danum Paroy.

MAHAKAM ULU, Swarakaltim.com – Sejak ditetapkannya pada tahun lalu, Kabupaten Mahakam Ulu sebagai Zona Hijau dari penyebaran Covid-19. Sejak dari itu lah, Dua Kampung di Kecamatan Laham, yakni Kampung Danum Paroy dan Muara Ratah, tetap menyandang status Zona Hijau dari virus corona.

Hal itu peran aktip Pemerintah Kampung dan masyarakat Kampung Danum Paroy, yang aktip untuk memutus penyebaran Covid-19, dengan memperketat keluar masuknya orang di portal pintu masuk Kampung tersebut.

Untuk menjaga portal pintu masuk kedua kampung tersebut. Telah ditugaskan 5 orang Linmas yang secara bergantian. Selain itu bagi warga kampung setempat yang melintas tidak menggunakan masker, maka diberi peringatan dan diwajibkan penggunaan makser. Sehingga warga selalu mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Kami ditugaskan pak petinggi Kampung Danum Paroy, Ahuy, untuk selalu aktip bertugas di pintu masuk kampung. Pesan pak petinggi kita harus waspada, sebab katanya, lebih baik mencegah, dari pada harus mengobati,” ungkap Duwi, Kepala Linmas Kampung Danum Paroy, Senin (26/7/2021).

Berdasarkan data keluar masuknya orang dari dan di pintu masuk kampung tersebut. Duwi menyebut, sedikitnya 30 orang setiap hari. Dimana rata rata yang masuk as dalah karyawan perkebunan kelapa sawit diwilayah Long Gelawang.

“Rata rata pengunjung dari karyawan perusahaan sawit, mereka datang ke kampung untuk berbelanja kebutuhan makan sehari hari. Kalau musim libur seperti Sabtu dan Minggu, bisa ratusan orang yang berkunjung. Namun kami dengan tegas, bagi siapapun harus mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, Rudini salah satu tokoh pemuda Kampung Danum Paroy, berharap untuk Tim Gugus Tugas Tingkat RT agar terus tetap berkolaborasi bersama pemerintah diwilayah ini menjalankan tugas percepatan penanganan Covid-19.

“Kita lihat komunikasi Tim Gugus Tugas tingkat RT cukup bagus. Oleh karena itu jangan kendor untuk terus perketat pelaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), agar semua tetap aman, menjadi zona hijau,” tutur Rudini.

Ia menghimbau kepada warga setempat, agar tetap tenang, namun waspada untuk melindungi diri dan keluarga dari Covid-19, dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Taati anjuran pemerintah, senantiasa lakukan 5M yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobiltas, “pungkasnya.

Penulis : Alfian (SK)
Editor : Redaksi

Bagikan:

Related posts