Berusia 10 Tahun, LKPN Siap Wujudkan Bersama Pemerintahan Demokratis

DR. Ir. H. Zairin Zain MSi.

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Keberadaan Lembaga Kemitraan Pembangunan Nasional (LKPN) yang berusia matang 10 tahun ini siap bersama mewujudkan pemerintahan demokratis dalam pelaksanaan pembangunan nasional.

LKPN yang diketuai langsung Dr Ir H Zairin Zain MSi. ini, memiliki misi yang mulia yaitu, mengentaskan kemiskinan melalui program pembangunan dibidang pertanian, perikanan, kehutanan, koperasi usaha kecil menengah, infrastruktur dan perumahan rakyat.

“Misi LKPN juga membangun ekonomi yang berkeadilan dan berwawasan kerakyatan, membuka lapangan kerja dan kesempatan berusaha serta meningkatkan SDM yang sehat dan berpendidikan,” ucap Zairin kepada wartawan, Rabu (18/8/2021) malam.

Selain itu, lanjut Zairin yang juga ketua Bappeda Kaltim periode 2015-2018 LKPN juga akan mewujudkan pemerintahan yang demokratis, bersih, berwibawa, terpercaya dalam melaksanakan Pembangunan Nasional.

“Tak kalah pentingnya, misi LKPN memperjuangkan dan menegakkan negara hukum yang beradat, bermartabat yang mampu mengayomi masyarakat,” ucap Zairin lagi.

Zairin mengemukakan puka keberadaan lembaga ini mampu mewujudkan pemimpin yang tangguh, berani, jujur, tegas yang mampu melindungi rakyat.

Ditambahkan lagi, LKPN juga berfungsi sebagai wadah penyalur komunikasi antara anggota dengan Pemerintah, antara pemerintah dan masyarakat. Selain itu juga sebagai wadah pembinaan dan pengembangan masyarakat.

“Sebagai wadah memperjuangkan aspirasi masyarakat dan anggota LKPN sendiri,” imbuh Zairin.

Zairin mengatakan LKPN mengemban tugas melakukan usaha-usaha penghimpunan dana-dana yang clear and clien dan tanpa kriminal.

Tak hanya itu, lanjut mantan Pj Walikota Samarinda ini, LKPN juga siap menjalin kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan, baik di Daerah, Nasional dan Internasional Chamber of Commerce ( ICC) sesuai dengan aturan yang berlaku.

“LKPN juga aktif membantu pemerintah daerah dan pusat dalam melestarikan proyek-proyek pembangunan di segala sektor di seluruh Indonesia,” bebernya.

Tugas lain, melakukan penelitian dan pengkajian terhadap potensi daerah, infrastruktur dan jasa konstruksi dan mensosialisasikan ke masyarakat.

Ia mengatakan LKPN juga menjalankan usaha-usaha di bidang koperasi, percetakan, penertiban brosur, buletin, majalah, buku-buku ilmiah serta mengajukan kerjasama dengan yayasan, LSM baik dalam maupun luar negeri, pemerintah non pemerintah secara luas.

“Lembaga ini sudah terbentuk kurang lebih sepuluh tahun lalu, juga akan terlibat dalam mewujudkan Ibu kota Negara (IKN) karena ada misi ke arah sana,” pungkas Zairin.(dho)

Bagikan:

Related posts