Penanganan Banjir di Global Sport Membutuhkan 30 Milliar Sistim Multiyear, Warga RT.15 Setuju dibuatkan box culvert

Kepada Dinas PU Kota Balikpapan Yusri.

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Pemerintah kota Balikpapan melalui Dinas Pekerjaan Umum mengalokasikan dana sebesar 30 miliar rupiah untuk penanganan banjir di kawasan Global Sport. Alokasi dana itu menggunakan program multi year nantinya.

“Untuk pelaksanaan dan anggaran mulai dilakukan pada APBD Perubahan yang akan disahkan diakhir September 2021 ini artinya penanganan banjir dikawasan global sport akan dibuatkan gorong-gorong besar yang menggunakan box culvert, sekaligus memperbaiki level tanjakannya Global yang akan di pangkas ketinggiannya,” tegas Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Balikpapan Yusri.

box culvert yang diinginkan warga untuk di pasang di media tengah Jalan Utama di RT 15

Yusri menjelaskan, untuk mengatasi permasalahan banjir di Balikpapan harus dilakukan secara bertahap dengan melakukan pengerukan sedimen di bendali serta peningkatan saluran drainase.

“Untuk saluran primer sungai Ampal juga akan dilakukan pengerukan tahun ini yang memiliki panjang sekitar 4 Km dari Balikpapan Super Blok hingga Pasar Segar, termasuk di daerah hulu nya diusulkan dibangun bendali namun karena keterbatasan anggaran belum dapat dikerjakan keseluruhan,” tutupnya.

Kondisi kawasan Jalan besar perumahan di RT 15 Kelurahan GSB saat hujan deras (24/9/’21).

Disisi lain Drs. Slamet Iman Santoso Ketua LPM Kelurahan Gunung Samarinda Baru (GSB) Kecamatan Balikpapan Utara yang juga Ketua RT 15 GSB mengatakan menyambut gembira apa yang telah diupayakan pemerintah Kota Balikpapan untuk melakukan penataan drainase dan bendali di area Global Sport untuk menanggulangi masalah luapan air hujan di kawasan tersebut.
“Kawasan Global Sport itu masuk wilayah RT 15. Semoga langkah Pemkot Balikpapan ini memberikan solusi yang terbaik. Dan warga perumahan Wika di RT.15 bisa mengurangi penderitaan nya selama 24 tahun dimana setiap hujan Jalan utama dan cluster -cluster mengalami genangan air,” ujar Iman.

Kemudian Iman juga menegaskan jika pemerintah kota berkenan untuk memperlancar arus air dari jalan utama global. Warga RT.15 minta pihak PU kiranya dapat mengkaji, apakah media tengah sepanjang kurang lebih 200 meter yang berada di RT.15 dapat di rubah fungsinya menjadi drainase tertutup seperti box culvert. “In shaa Allah warga setuju untuk kebaikan bersama jika Pemkot Balikpapan berkenan,” ucap Iman. (SIS)

Bagikan:

Related posts