Visitasi ke Diskominfo Samarinda, Faisal Akui Terasa “Pulang Kampung”

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Terasa seperti pulang kampung, itulah kalimat pembuka yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Muhammad Faisal saat tiba di Diskominfo Samarinda.

Bersama Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika), Normalina, Kepala Seksi Pengelolaan E-Government, Bambang, Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Teknologi , Noor Fitriantono dan beberapa staf lain melakukan silaturahmi dan visitasi terkait keberhasilan pembangunan Kaltim bidang e-government, Rabu (6/10/2021).

Pada kesempatan tersebut, Faisal menjelaskan bahwa Diskominfo Kaltim mendapat tiga tugas dari Gubernur. Pertama, mengenai Panji Keterbukaan Informasi. Kedua, tentang e-government. Ketiga, menambah Panji Keberhasilan menyoal Smart City.

“Kami diberi waktu sampai November untuk berkoordinasi dengan Kab/Kota untuk menyampaikan indikator penilaian panji-panji keberhasilan. Soal penambahan panji untuk smart city ini, kami masih akan melakukan koordinasi lagi. Insya Allah minggu depan surat dari Sekda mengenai penyampaian indikator sudah bisa kami sampaikan,” jelasnya.

Diskominfo Kaltim, lanjut Faisal m, terus akan melakukan pembinaan untuk hal-hal yang kurang di Kab/Kota. Karena justru dari kekurangan itu, mungkin ada hal-hal yang bisa didukung dari Provinsi agar percepatan transformasi digital di Kaltim bisa lebih cepat.

“Kita buka kesempatan yang seluas-luasnya kepada Kab/Kota. Soal aplikasi, teknologi informasi, infrastruktur dan sebagainya disampaikan saja perkembangan dari tahun ke tahun. Kreatifitas dan inovasi yang dilakukan satu atau dua tahun terakhir. Bisa inovasi internal antar OPD maupun eksternal yakni pelayanan yang bisa dinikmati masyarakat,” beber Faisal yang pernah mengabdi selama bertahun-tahun di Pemerintah Kota Samarinda.

Ada hal lain yang menarik, karena kegiatan visitasi selain disambut hangat oleh Kepala Diskominfo Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah ternyata juga dihadiri Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi. Dirinya ikut berbincang dan membahas mengenai visi-misi yang ingin dicapai oleh Kota Samarinda. Tentunya yang memerlukan peran besar dari Diskominfo.

Beberapa diantaranya program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pro bebaya, program smart city plus dan program doctor on call. (dho)

Loading