Talisayan Gelar Tradisi Buang Naas

Foto Wabup Berau Gamalis bersama tokoh adat dan masyarakat serta Aparat setempat.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Rabu (6/10/2021) Wakil Bupati (Wabup) Berau Gamalis menghadiri pelaksanaan syukuran adat buang naas di Kecamatan Talisayan. Kegiatan juga dirangkai dengan peresmian kolam renang kampung Talisayan. Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Berau Masrani, Anggota DPRD Berau, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh adat setempat. Tradisi buang naas ini merupakan tradisi turun-temurun yang dilaksanakan setiap masuk Arbain atau Rabu 10 di bulan Safar tahun Hijriah.

Menurut Wabup Gamalis usai mengikuti acara buang naas tersebut mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Talisayan yang masih mempertahankan tradisi adat ini. Ditengah zaman yang semakin modern saat ini, namun kegiatan adat dan budaya seperti digelar hari ini (Rabu) dijalankan terus hingga turun ke generasi selanjutnya. Karena adat dan budaya ini merupakan bagian dalam identitas suatu bangsa.

“Kita harus khawatir dengan kondisi saat ini, kemajuan teknologi bisa saja menghilangkan budaya kita. Jadi untuk mempertahankannya dengan selalu melaksanakan dengan rutin untuk mengingatkan kebudayaan kita kepada generasi muda,” ungkap Gamalis. Lanjut Wabup, Pemerintah daerah (Pemda) memberikan perhatian tinggi dalam pelestarian kebudayaan. Salah satunya tradisi adat tolak bala yang digelar oleh masyarakat Kecamatan Talisayan ini. “Mari kita berkomitmen bersama sama mampu menjaga kekayaan khas daerah termasuk kegiatan adat sehingga tidak akan pernah punah,” ujar Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPPP)  itu. (nht/hms)

Bagikan:

Related posts