Sebanyak 95 Nakes Dari AU Dikerahkan Dalam Serbuan Vaksinasi Tahap Kedua TNI AU Di Berau

Foto saat Bupati Berau Sri Juniarsih MAS bersama Kepala Staff (Kas) Koopsau II, Marsekal Pertama Danet Hendriyanto meninjau pelaksanaan serbuan vaksin TNI AU di Bandara Kalimarau, Berau.

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Serbuan vaksinasi corona virus disease 2019 (covid-19) tahap kedua yang digelar oleh TNI Angkatan Udara (AU) di Kabupaten Berau, menerjunkan sebanyak 95 Tenaga Kesehatan (Nakes) dari AU. Jumlah Nakes yang ditugaskan untuk menuntaskan pelaksanaan vaksinasi sebanyak 10.500 dosis tersebut di mulai Rabu (6/10/2021) hingga Sabtu (9/10/2021) mendatang.

Hari pertama pada pelaksanaan vaksinasi tahap kedua tersebut ditinjau langsung oleh Kepala Staff (Kas) Koopsau II, Marsekal Pertama Danet Hendriyanto, dengan didampingi Bupati Bumi Batiwakkal Sri Juniarsih MAS, Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Dedy Susanto, Danlanud Anang Busra Kolonel Pnb Somad serta unsur Petinggi jajaran TNI di Berau juga Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono.

Foto saat Bupati Berau Sri Juniarsih MAS bersama Kepala Staff (Kas) Koopsau II, Marsekal Pertama Danet Hendriyanto usai memberikan keterangan pers.

Pada kesempatan itu Kaskoopsau II Marsekal Pertama Danet Hendriyanto disela sela meninjau pelaksanaan vaksin tahap kedua TNI AU di Berau bertempat di Bandara Kalimarau Jl Kalimarau Kecamatan Teluk Bayur, Rabu (6/10/2021) menerangkan, TNI AU diberi kewenangan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Hal itulah yang mendorong panglima TNI untuk mempercepat vaksinasi hingga ke daerah daerah terutama Bumi Batiwakkal guna mencapai Kekebalan Komunal secepatnya.

“Kami (TNI AU) diberi kewenangan untuk mempercepar herd immunity. Salah satunya adalah Berau yang menjadi sasaran Panglima TNI untuk dilaksanakan oleh AU,” jelas beliau. Pertimbangannya tambah beliau, letak geografis Berau yang berada di ujung Kalimantan Timur (Kaltim) membuat daerah ini diapit oleh Lanud Dhomber Balikpapan serta Lanud Anang Busra Tarakan. “Faktor itu juga sehingga Lanud Dhomber dan Lanud Anang Busra yang ditunjuk untuk melaksanakan serbuan vaksinasi di Bumi Batiwakkal, baik tahap pertama hingga tahap kedua pada minggu ini,” papar Marsekal Danet Hendriyanto.

Masih menurut Perwira Tinggi dengan satu bintang itu, dirinya salut melihat  antusias masyarakat cukup tinggi, bayangkan saja hanya dalam waktu sekitar 4 jam 750 dosis telah habis terealisasi. Pada prinsipnya, TNI AU akan selalu mendukung secara maksimal program pemerintah apapun itu yang dapat memberikan suatu kegiatan pemulihan. Ditambah lagi TNI AU diberi wewenang agar bisa mencapai Herd Immunity. Salah satu daerah menjadi sasaran dan juga perintah dari Panglima TNI agar dilakukan serbuan vaksin ini adalah Berau.

“Saya berpesan walaupun sudah divaksin, tetap tidak lengah dan harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Apabila nantinya terpapar covid-19 gejala yang diderita tidak berat sebab sudah divaksin. Intinya program pemerintah apapun yang memberikan suatu pemulihan harus kita dukung secara maksimal,” tutur Marsekal Danet Hendriyanto.

Bupati Berharap TNI AU Kembali Beri Jatah Vaksin Ke Berau

Sementara itu masih ditempat yang sama Bupati Berau Sri Juniarsih MAS saat diminta tanggapan mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas serbuan vaksinasi yang dilaksanakan di Berau. Secara terang-terangan, dirinya di depan Marsma Danet meminta kedepan dapat dilakukan kegiatan serupa guna mendorong Kekebalan Komunal, yang mana akan berdampak sangat positif terhadap membangkitkan perekomomian masyarakat kedepannya.

“Kalau ribuan begini lagi kembali di programkan AU terhadap masyarakat Berau pasti sangat mensupport pencapaian vaksin didaerah kita tercinta ini. Jadi besar harapan kami pak (Marsekal Danet) jika berkenan ada tambahan serbuan vaksin lagi untuk Berau. Hal tersebut agar segera tercapai Herd Immunity didaerah kami ini,” kata Bupati. Dengan terselengaranya serbuan vaksinasi TNI-AU ini tambah Sri Juniarsih, mulai dari tahap pertama hingga tahap kedua yang dilaksanakan di Bandara Kalimarau, diharapkan agar PPKM di Berau dapat segera turun level. (nht/***)

Bagikan:

Related posts