Luhut Ingatkan Terus Latih SDM Pelaku UMKM

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Sumber Daya Manusia (SDM) atau kemampuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terus dilatih agar terus menghasilkan produk unggulan. Selain itu, kualitas yang baik akan mampu bersaing di pasar global.

“Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 ini menyangkut puluhan juta lapangan kerja. Usaha UMKM sebagai tulang punggung perekonomian kita harus terus didorong dan dilatih SDM nya. Kita yakin mampu, jangan sesekali meremehkan hal-hal yang kecil karena dari UMKM ekonomi kita berdampak besar,“ ucapnya dengan penuh keyakinan di hadapan undangan pada acara Launching Gernas BBI di Plenary Convention Hall Samarinda, Selasa (12/10/2021).

Menurut Luhut, hal yang diperlukan untuk mewujudkan SDM yang unggul dan kompeten adalah sinergitas semua pihak. Pelatihan juga jangan hanya satu dua bulan, namun dilakukan sepanjang tahun.

Dirinya juga menyinggung beberapa pihak yang menganggap remeh Gernas BBI. Padahal sejauh ini, sudah ada lebih dari 14 juta UMKM yang onboarding dan akan mencapai target 30 juta UMKM on bording pada 2023 mendatang.

“Peningkatan jumlah UMKM membuktikan semangat gotong royong dalam membangun Gernas BBI. Bagaimanapun ekonomi kita bergantung pada UMKM,” sebutnya. (dho)

Loading