HUT ke 65, Isran Ajak Kerja Bersama Bangun Kaltim Kuat Berdaulat

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Momentum pelaksanaan HUT ke 65 Provinsi Kaltim diharapkan dapat menjadi motivasi Pemprov Kaltim untuk bekerja keras membangun negeri.Karena itu, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengajak seluruh pihak bersama-sama membangun daerah menuju Kaltim kuat dan berdaulat.

“Memang beberapa tiga tahun terakhir ini hanya tingkat kematian ibu melahirkan dan kematian bayi di atas nasional. Namun demikian, tingkat atau indeks pembangunan lainnya Kaltim meningkat di atas nasional. Karena itu, ke depan perlu kerja bersama membangun daerah, menuju Kaltim kuat dan berdaulat,” ucap Isran Noor ketika Rapat Paripurna ke 2 DPRD Kaltim dengan agenda Peringatan HUT ke 65 Provinsi Kaltim, di Hotel Mercure Samarinda, dipimpin Ketua DPRD Kaltim H Makmur Hapk, Jumat 7 Januari 2022.

Bagi Isran, adapun prestasi yang saat ini sudah dicapai, yaitu meningkatnya pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata Nasional 4%, yakni sebesar 4,51% menjadi Rp122,24 triliun pada kuartal III 2021 dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan menurut PDRB atas dasar harga berlaku perekonomian di Kaltim sebesar Rp179,09 triliun.Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di papan atas, yakni Ketiga Nasional di bawah DI Yogyakarta dan DKI Jakarta. Dari sisi pendidikan, Pemerintah Katim telah menganggarkan Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) sebesar Rp160 milliar dan telah disalurkan kepada para penerima BKT tahun 2021.

Sedang tingkat kemiskinan Kaltim jauh dari nasional. “Karena itu, kami bersyukur atas dukungan masyarakat, terutama para anggota DPRD Provinsi Kaltim, DPR RI, DPD RI yang selalu mendukung. Ke depan tantangan semakin besar, maka diperlukan kerja bersama menuju Kaltim kuat dan berdaulat,” harapnya.

Selanjutnya, dukungan itu adalah, bagaimana seluruh masyarakat bersama-sama meningkatkan kualitas kemampuan yang dimiliki. Apalagi Kaltim telah ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Baru, tentu harus didukung kerja sama yang kuat. Meningkatkan produktifitas, sehingga bisa mengakses kepentingan lingkungan dan kemakmuran bersama.

“Kita harapkan dengan IKN membawa perubahan besar dalam pemerataan pembangunan di Tanah Air, khususnya Kaltim. Maju, tumbuh menatap masa depan yang gemilang,” jelasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi secara virtual, Sekprov Kaltim HM Sa’bani, seluruh Kepala OPD Pemprov Kaltim, Bupati/Wali Kota se Kaltim, Forkopimda Kaltim serta Anggota DPRD Kaltim. Termasuk Anggota DPR RI, DPD RI asal Kaltim serta tokoh masyarakat Kaltim.(tim/adpimprovkaltim)

Loading