Buka Layanan Vaksin Guna Antisipasi Paska Lebaran

Foto suasna Vaksin Covid-19 yang sedang berlangsung ditengah bulan Ramadan

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Kesuksesan pelayanan vaksin booster dalam menyambut perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres Berau menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Kementerian Agama (Kemenag) di Bumi Batiwakkal. Hal itu tidak terlepas atas keberhasilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Pusat yang sukses menyalurkan 1 juta vaksin booster ke warga Nahdliyyin.

Oleh karena itu, Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono meminta kepada masyarakat Berau agar tidak ragu untuk melakukan vaksinasi Covid-19, sebab melalui Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Pusat telah mengeluarkan hasil kajian bahwa vaksinasi pada siang hari tidak membatalkan puasa. Yang dimana, cairan tidak masuk salah satu manfadz maftuh (lubang terbuka) dan tidak sampai kepada jauf (rongga) yang dapat membatalkan puasa.

Selanjutnya, jika proses vaksinasi dikhawatirkan dapat memperlemah fisik seseorang yang berpuasa (berdasarkan pertimbangan dokter) maka hukumnya makruh. Dan jika terdapat kondisi sebagaimana yang dimaksud pada keduanya, maka proses vaksinasi direkomendasikan dilakukan pada malam hari Ramadan.

“Sehingga saya kira tidak perlu ada lagi keraguan bahwa menerima vaksinasi pada siang hari tidak membatalkan puasa,” kata Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono usai meninjau vaksinasi serentak gerakan satu juta vaksin kerjasama PBNU-Polri-Kemenag di Gedung R.E. Widargo Polres Berau, Jumat (22/4/2022).

Perlu diketahui bahwa Nahdlatul Ulama (NU) memiliki banyak lembaga dan Badan Otonom (Banom), begitu halnya dengan PCNU Berau mulai bidang pendidikan, pondok pesantren, pertanian dan perkebunan, kemahasiswaan, ekonomi, dan seni, serta lainnya.

“Kita melakukan koordinasi dan persiapan maraton dan minat masyarakat ikut kegiatan ini besar. Hari ini kita melaksanakannya di dua tempat, yakni di Polres Berau dan SMA 6 Berau Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur,” tuturnya.

Sebagai informasi, vaksinasi booster digelar serentak selama tiga sampai lima hari mulai Kamis 21 April 2022 dan dilakukan di seluruh kantor PCNU Berau, PWNU Kaltim, Kemenag maupun di kantor kepolisian. Kemudian juga di lembaga pendidikan, gereja maupun pesantren NU yang ditunjuk.

“Mudah-mudahan bisa menjadi sumbangan yang berarti dari NU, Polri dan Kemenag untuk membantu mengamankan rakyat, warga Bangsa Indonesia dari resiko yang tidak kita inginkan terkait pandemi. Khususnya karena kita menjelang lebaran, dan antisipasi paska lebaran seperti waktu lalu,” pungkasnya. (Nht/Fdl)

Bagikan:

Related posts