Kunjungi Pembibitan Ternak Unggul PT EMAS, Wagub: Dapat Menjadi Pencontohan Pemanfaatan Lahan Eks Tambang

Loading

EMBALUT, Swarakaltim.com – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kaltim Munawwar dan Kadis Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (PTPH) Kaltim Siti Farisyah Yana, mengunjungi ke pusat pembibitan ternak unggul PT Equalindo Makmur Alam Sejahtera (EMAS) di Desa Embalut, Tenggarong Seberang,
Kutai Kartanegara, Selasa (10/5/2022).

Kunjungan Wagub Kaltim ke PT EMAS di Embalut untuk memantau dan mengetahui pengembangan peternakan di Kukar, dan diterima Komisaris PT EMAS Ismet Barakbah.

Hadi Mulyadi sangat mengapresiasi usaha PT EMAS dalam pengembangan ternak, baik sapi, kambing maupun ayam, dan diharapkan dapat menjadi percontohan pengembangan peternakan di areal pasca tambang di Kaltim.

“Kita harapkan PT EMAS yang telah melaksanakan peternakan perkebunan seluas 52 hektar di Desa Embalut ini, bisa menjadi percontohan bagi seluruh pengusaha tambang PKB2B maupun IUP bisa mencontoh PT EMAS dalam pengembangan peternakan, keramba ikan dan perkebunan dilahan eks tambang, sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kaltim,” kata Hadi Mulyadi usai meninjau pengembangan peternakan PT Emas di Desa Embalut Tenggarong Seberang.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu berharap pengembangan peternakan yang dilaksanakan PT EMAS ini bisa terus dikembangkan, walaupun saat ini masih dialami masalah ketenagalistrikan.

“Oleh karena itu, kita minta Dinas ESDM Kaltim bisa berkoordinasi dengan PLN untuk secepatnya menyelesaikan permasalahan listriknya,” tandasnya.

Hadi Mulyadi juga mengharapkan PT EMAS bukan satu-satunya, harusnya di seluruh lahan-lahan pasca tambang di Kaltim itu menjadi proyek-proyek peternakan proyek tambak ikan atau keramba ikan, perkebunan yang bisa mempekerjakan masyarakat sekitarnya.

“Oleh karena itu tempat ini saya kira perlu dikembangkan karena ternyata setelah berjalannya waktu, 52 hektar itu tidak cukup untuk proyek yang ditargetkan akan ada lagi usaha di sekitar, saya kira yang paling penting lagi kita bekerjasama, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah kabupaten kota Provinsi termasuk para pengusaha yang bekerja di Kaltim,” pesan Hadi Mulyadi. (mar/her/yans/adpimprovkaltim/adv/aya/sk)