Berau Kembali Raih Opini WTP, Tahun Ini Yang Kelima Kalinya

Foto saat Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan Ketua DPRD Berau Madri Pani foto bersama dengan Ketua BPK-RP Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar. (dok Humas)

TANJUNG REDEB, Swarakaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau kembali mempertahankan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Berau Tahun Anggaran (TA) 2021.

Laporan hasil pemeriksaan secara resmi diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Dadek Nandemar Kepada Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan Ketua DPRD Berau Madri Pani, di Samarinda, Jumat (20/5/2022). Turut mendampingi penerimaan, Asisten III Setkab Berau Maulidiyah serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Capaian opini WTP ditahun 2022 ini merupakan penerimaan kelima berturut turut. Tahun anggaran 2021 juga merupakan tahun pertama kepemimpinan Bupati Sri Juniarsih Mas bersama Wakil Bupati Gamalis dalam pengelolaan anggaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban.

Ketua BPK RI Perwakilan Kaltim Dadek Nandemar mengatakan, tim pemeriksa BPK RI telah melakukan pemeriksaan sejak laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan Bupati Berau kepada BPK RI pada Maret 2022 lalu dan dari atas hasil pemeriksaan tersebut diberikan Opini WTP. Melalui proses pemeriksa BOK juga memberikan beberapa rekomendasi yang diharapkan segera ditindaklanjuti jajaran Pemerintah Kabupaten Berau. “Untuk pemeriksaan laporan keuangan daerah Pemerintah Kabupaten Berau tahun anggaran 2021 ini yang diberikan adalah Wajar Tanpa Pengecualian,” ungkap Dadek Nandemar.

Sementar itu Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, menyambut gembira Pemkab Berau kembali mampu mempertahakan capaian Opini WTP. Capaian ini dikatakannya merupakan hasil kerja bersama Pemerintah daerah (Pemda) dan DPRD, seluruh ASN di setiap OPD yang telah menyusun dan menyampaikan laporan dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan yang telah ditetapkan. Khususnya kepada jajaran Inspektorat serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bumi Batiwakkal.

Bupati Sri Juniarsih secara khusus menyampaikan terima kasih kepada jajaran BPK RI Perwakilan Kaltim yang selama ini telah melakukan pemeriksaan, dan memberikan banyakan masukan, koreksi serta langkah langkah perbaikan terhadap penyusunan laporan keuangan daerah sehingga Pemerintah Kabupaten Berau mampu mendapatkan opini WTP. “Capaian opini menjadi semangat bersama untuk terus melakukan yang terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, tentu apa yang menjadi catatam rekomendasi untuk daerah akan menjadi masukan untuk segera ditindaklanjuti,” kata Petinggi di Berau itu.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Berau Madri Pani mengatakan, besar harapan dari proses pemeriksaan laporan keuangan ini dapat menjadi bahan masukan dan penyemangat bagi jajaran Pemkab Berau dalam melaksanakan program pembangunan daerah dari sekarang hingga kedepan. “Predikat diterima mari bersama kita jaga sehingga bukan sampai tahun kelima saja namun tahun tahun berikutnya tetap bisa dipertahankan opini WTP ini oleh Pemkab Berau,” tutur tokoh Politik Partai Nasdem tersebut. (Nht/Hms)

Bagikan:

Related posts