Buka MTQ ke 43 IKN Kaltim, Gubernur Harap Rakyat Mendapat Berkah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 43 Tingkat Provinsi Kaltim yang merupakan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Samarinda, dipusatkan di GOR Segiri Samarinda, Senin 23 Mei 2022.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan Gubernur Isran Noor, Wali Kota Samarinda Andi Harun, Kepala Kanwil Kemenag Kaltim Masrawan dan Perwakilan Bupati/Wali Kota se Kaltim.

“Momentum MTQ diharapkan menjadikan Kaltim tanah yang tentram dan sejahtera, rakyatnya agamis,” sebut Isran Noor ketika membuka MTQ ke 43 di Samarinda, IKN Kaltim.

Menurut Isran, dengan melaksanakan MTQ sama saja mensyiarkan Islam di muka bumi Benua Etam. Artinya, dengan syiar Islam diharapkan masyarakat Kaltim mendapat rahmat dari Allah SWT. “Selamat bermusabaqah. Semoga berkah dan bermanfaat,” jelasnya.

Ketua Panitia yang juga Wali Kota Samarinda Andi Harun mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini Samarinda sebagai tuan rumah diharapkan berlangsung hikmat dan sukses.

Kemudian peserta yang mengikuti, Kubar 80 kafilah, Kutai Timur 80 kafilah, Balikpapan 107 kafilah, Kukar 147 kafilah, PPU 80 kafilah, Paser 95 kafilah, Berau 80 kafilah, Bontang 80 kafilah dan Samarinda 98 kafilah. Sedangkan Mahulu tidak mengirim kafilah.

Sementara pelaksanaan dipusatkan beberapa titik, mulai GOR Segiri Samarinda, MAN 2 Samarinda, Dinas Kehutanan Kaltim, Dinas Sosial Kaltim, Aula Perpustakaan Kota Samarinda, Aula Korem 091 ASN, Taman Samarendah.

Pelaksanaan berlangsung sejak 21-29 Mei 2022. Hadir pembukaan MTQ ke 43 Forkopimda Kaltim dan Kota Samarinda, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi dan Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi.

Pembukaan dimeriahkan pergelaran tari kolosal oleh seniman Kaltim dan didukung pelajar SMK Medika Samarinda, tarian pembuka dari MAN 1 Samarinda. (jay/her/yans/adpimprovkaltim/adv/aya/sk).

Loading