Dinas PKD Kaltim Siap Sediakan Buku Sesuai Kebutuhan PSBR

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim mendukung program pembinaan dan pelatihan yang dilaksanakan UPTD Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Kaltim dalam penanganan remaja terlantar.

Dukungan yang diberikan, terang Kadis PKD Kaltim M Syafranuddin berupa penyediaan bahan bacaan bagi Perpustakaan UPTD PSBR guna menambah pengetahuan warga PSBR seperti perbaikan mesin sepeda motor, pangkas rambut, kecantikan serta wirausaha.

Usai meninjau UPTD PSBR Kaltim yang terletak di Jalan DI Panjaitan Samarinda, pria yang akrab disapa Ivan ini mengaku bangga dengan kegiatan UPTD PSBR yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Kaltim.

“Saya sangat bangga, adik-adik kita yang mengikuti pelatihan atau pndidikan tampak antusias. Saya kira, dengan menambah buku-buku yang relevan dengan kegiatan mereka, tentu semakin menambah pengetahuan mereka,” ujar mantan Karo ADPIM Setda Kaltim ini dikutip swara kaltim melalui rilis DPKD.

Ivan sendiri datang ke UPTD PSBR Kaltim untuk melihat kerjasama Dinas PKD dengan Dinas Sosial Kaltim dalam peningkatan kualitas binaan UPTD PSBR. Bersama Kepala UPTD Anugrah Nur Indah, mengungkapkan kemampuan binaan UPTD PSBR bisa dengan banyak membaca literatur.

“Sekarang ini banyak buku atau bahan bacaan yang bisa dijadikan referensi mereka, semoga saja ada warga masyarakat yang mempunyai buku khusus ini seperti rias pengantin, otomotif atau wirausaha yang sudah tidak digunakan bisa disumbangkan ke Perpustakaan sehingga bisa dijadikan bahan bacaan UPTD PSBR,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala UPTD PSBR Anugrah Nur Indah menyebutkan UPTD PSBR secara khusus menangani remaja-remaja khusus yang memerlukan pembinaan sehingga menjadi remaja emas yang kelak bisa berdiri kokoh bahkan bisa terlibat dalam pembangunan Kaltim.

“Mereka perlu perhatian serius dan arahan atau pembinaan sehingga kelak menjadi orang sukses, karenanya selama berada di PSBR diarahkan bakatnya,” sebut Anugrah sambil menelusuri areal UPTD PSBR yang tampak asri karena banyak pepohonan.(aya/sk)

Loading