Reses di Desa Singa Gembara, Agus Aras Heran

Keluhkan Air Bersih di Wilayah yang Masuk Perkotaan

SANGATTA, Swarakaltim.com – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur H Agus Aras SM MAP merasa heran Desa Singa Gembara Kecamatan Sangatta Utara kabupaten Kutai Timur yang bisa dikatakan masuk wilayah perkotaan tapi masih belum bisa menikmati air bersih bersumber dari perusahaan daerah air minum sehingga meminta untuk diprioritaskan.

“Sebelum reses hari ini, beberapa waktu lalu ada warga yang datang ke kami bersama ketua RT, menyampaikan situasi RT 04 Desa Singa Gembara. Berkenaan dengan inilah kami datang kemari dengan harapan lebih menyerap aspirasi warga lainnya dan aspirasi lainnya juga.

Dimana waktu itu dalam kunjungan menyampaikan keluh kesah terkait pelayanan dasar dalam hal ini air bersih,” ungkap Agus Aras mengawali sambutannya pada Reses Serap Aspirasi Masyarakat Dapil VI Bontang, Kutim, Berau Masa Sidang II tahun 2022 di Gang Rukun RT 4 Desa Singa Gembara Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Minggu (3/7/2022).

Berdasarkan pertemuan waktu itu, lanjut Agus sebelum menggelar reses terlebih dahulu melakukan komunikasi terhadap pihak yang berwenang. “Kemaren saya coba komunikasi dengan PDAM melalui direkturnya. Saya minta disini menjadi prioritas. Karena di sini masih bisa dikatakan masuk kawasan kota Sangatta.

Saya minta beliau untuk menjadikan prioritas. Karena kalau dianggarkan secara reguler melalui Dinas PUPR, itu lama. Belum tentu tahun ini bisa terealilasi atau mungkin tahun depan. Karena memang ada regulasi yang mengatur,” ungkap Agus dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Selain persoalan air bersih, dalam dialog pada reses tersebut terungkap pula aspirasi warga yang menyuarakan persoalan listrik, pembangunan lingkungan hingga jalan rusak. Diharapkannya, wilayah mereka melalui aspirasi yang akan dikawal anggota DPRD Kaltim ini bisa terealisasi.

Kadir salah satu perwakilan lainnya juga menyuarakan pemekaran RT 4 melihat luasnya wilayah RT 4 tersebut. “Ini sudah kami usulkan, tapi belum ada jawabannya,” beber Kadir.

Agus mengatakan terhadap berbagai aspirasi dalam reses ini mereka akan merespon sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawab, baik itu di pemkab Kutai Timur maupun di Pemprov Kaltim. Apalagi Agus merupakan anggota DPRD Kaltim berasal dari Kutai Timur dari Dapil Berau, Kutai Timur dan Bontang.

“Untuk air bersih, petugas PDAM sudah datang ke sini dan melakukan pengukuran. Saya sudah mendesak agar pipa bisa segera terpasang. Apalagi petugas PDAM sudah datang, semoga bisa segera terpasang,” ungkap Agus.

Agus mengaku sangat menyayangkan belum maksimalnya pelayanan air bersih di Sangatta Utara ini. Sementara ketersedian air baku cukup banyak dan intake pun sudah tersedia. “Mungkin karena inilah, pemasangan di sini menjadi prioritas sesuai dengan komunikasi kami dengan Dirut, sehingga petugas sudah ada yang datang. Semoga saja bisa segera terpasang dan warga bisa menikmati air bersih dengan maksimal,” pungkas Agus.(dho)

Loading