DPKH akan Gelar Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) akan menggelar Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan Tahun 2022, di Lapangan Parkir GOR Segiri Samarinda pada tanggal 28-30 September mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pasca Panen dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Kaltim, drh. Siti Saniatun Sa’adah, M.Si menjelaskan, Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan dilaksanakan dalam rangka Hari Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi sekaligus promosi produk-produk olahan hasil peternakan, serta meningkatkan produk lokal yang berinovasi mengikuti tren teknologi perkembangan ekonomi.

“Event ini sangat penting sekali untuk diagendakan setiap tahunnya. Dimana kegiatan ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.” kata Sa’adah, saat ditemui Tim Diskominfo Kaltim di ruangannya, Jumat (16/9/2022).

Oleh karena itu, DPKH Kaltim setiap tahunnya mengagendakan kegiatan ini dengan tujuan memberikan informasi dan sosialisasi pembangunan peternakan di Kaltim, serta mempromosikan produk-produk olahan hasil peternakan agar dapat berdaya saing dengan produk pangan lainnya.

Ia berharap, kegiatan Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan dapat menjadi upaya distribusi informasi untuk daya beli masyarakat terhadap produk hasil peternakan. Di samping itu, kegiatan expo tersebut juga diharapkan dapat memberdayakan potensi dan produk olahan lokal hasil peternakan, serta mendorong pelaku usaha peternakan untuk lebih menggali peluang pasar sektor peternakan dalam hal kreativitas dan produktivitas hasil olahan peternakan.

Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan akan diisi dengan rangkaian acara. Adapun  diantaranya seperti, Pencanangan Gerakan Minum Susu, Makan Telur dan Daging, vaksinasi rabies, podcast dari stan ISPI dan Unmul, kuis, doorprise, seminar alat/mesin peternakan dari perushaan mitra alat ternak, senam pagi sehat serta penyerahan penghargaan stan terbaik.

“Sementara yang akan ditampilkan di Expo tersebut adalah kegiatan-kegiatan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan disetiap instansi terkait, produk hasil olahan peternakan seperti daging beku, sosis dan nugget. Ada juga bazar UMKM dan mini zoo,” terang Sa’adah.

Kegiatan Expo Bulan Bhakti Peternakan dan Kesehatan Hewan rencananya akan dibuka oleh Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi. Dengan undangan dari unsur pemerintahan daerah Provinsi Kaltim, perusahaan swasta, peternak milenial dan pelaku usaha.(adv-diskominfo kaltim/kmfkt)

Loading