Puji Terus Semangat Sosialisasikan Ketahanan Keluarga

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Sebagai seorang ibu rumah tangga, sosok Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati SH MHum memiliki keinginan kuat menciptakan keluarga berkualitas dan sejahtera. Hal ini pula yang diinginkan terhadap keluarga-keluarga rumah tangga yang ada di Kalimantan Timur.

Tak ayal hingga saat ini, Puji yang pernah menjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kota Samarinda selama 10 tahun ini, pun terus semangat melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Kali ini berlangsung di Sekretariat Srikandi Pemuda Pancasila, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Sabtu (29/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Puji menegaskan seorang ibu memiliki peranan yang kuat untuk membentuk ketahanan di dalam keluarga. “Sosok ibu yang baik dalam keluarga juga dapat menciptakan kebahagiaan serta menjadi inspirasi bagi keluarga. Terlebih, ibu yang berperilaku positif bisa memotivasi anggota keluarga lainnya,” tutur isteri dari Syaharie Jaang ini.

Tentunya apa yang disampaikan Puji ini sesuai dengan regulasi Perda) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga yang baru tahun ini pula disahkan. Dalam perda tersebut, mengatur masyarakat agar menciptakan keluarga berkualitas dan sejahtera.

Dikatakannya, ibu-ibu atau wanita dalam keluarga sangat bersentuhan dengan perda tersebut. Oleh karena itu, ia berharap tujuan sosialisasi ini tersampaikan dengan jelas.

“Audiens dari sosper kali ini adalah Srikandi-Srikandi yang merupakan ibu-ibu. Mereka sangat potensial untuk menerapkan isi perda ini,” kata Puji poltisi Demokrat ini.

Harapan lainnya, lanjutnya Perda ini dapat mewujudkan keluarga yang sejahtera berkualitas.

Menghasilkan keluarga sejahtera, menurut Puji, bukan hanya dilihat dari faktor ekonomi. Tetapi, faktor lainnya seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan hingga sosial dan budaya jadi aspek penting melahirkan keluarga sejahtera.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim itu juga menginginkan, Perda ini bisa menggerakkan ibu-ibu untuk menghantarkan nilai-nilai positif bagi keluarganya.

“Ibu-ibu bisa menghantarkan putra-putrinya kelak menjadi anak yang hebat dan bisa mewujudkan ketahanan keluarga di dalam seluruh aspek,” tutup Puji.

Adapun dua narasumber yang menyampaikan materi dalam sosper tersebut, adalah Ketua ULS Badan Kajian Pancasila dan Kenegaraan Universitas Mulawarman (Unmul), Mohammad Ridwan dan Pengelola Yayasan Anugerah Lentera Cinta Puspalenta Urip Ngeriman, Zahrotul Juniar Haris.

Kegiatan juga dihadiri perwakilan Kelurahan Pelabuhan dan Kecamatan Samarinda Kota. Dan, Ketua Srikandi PP Kaltim, Ririn Ari Dewi. (dho)

Loading