Membanggakan, MTQ VI Korpri Tingkat Nasional, Kaltim Raih Juara Pertama Kaligrafi

Loading

PADANG, Swarakaltum.com – Setelah menunggu dengan penuh harap selama dua hari, akhirnya tibalah saat yang dinanti-nantikan, yaitu pengumuman para juara yang masuk babak final.

Pengumuman para juara langsung dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim MTQ VI KORPRI Tingkat Nasional, Prof Dr HM Darwis Hude. 

“Alhamdulillah dari 4 finalis, satu orang finalis atas nama Kholis, asal Kabupaten Berau meraih juara 1 cabang khat/kaligrafi golongan dekorasi. Sedangkan untuk golongan kaligrafi kontemporer atas nama Bambang Winaryadi hanya meraih posisi sebagai juara harapan II,” kata Wakil Ketua I DPP Korpri Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi kepada Tim Publikasi Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Kaltim, Minggu (13/11/2022)

Lebih lanjut, Jauhar menjelaskan, untuk cabang Murotal Putri hanya berada pada posisi juara harapan III, begitu juga cabang Tahfidz Surah Al-Baqarah Putri juga belum beruntung. Posisinya sebagai Juara harapan III.

“Walaupun demikian kita apresiasi dan berterimakasih atas usaha yang telah dilakukan, dengan harapan ini menjadi pelajaran dan pengalaman, semoga pada MTQ selanjutnya  bisa berprestasi lagi,” tandasnya.

Untuk diketahui lanjut Jauhar, Kholis, juara 1 lomba kaligrafi, golongan dekorasi, profesinya sehari-hari sebagai Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tanjung Redeb.

“Kholis berharap agar cabang kaligrafi ini banyak diminati kawula muda, Pemerintah harus banyak menyelenggarakan kegiatan lomba kaligrafi, sehingga tumbuh minat dan motivasi,” ujarnya.

Jauhar mengatakan Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Korpri, Prof Dr Zudan Fahrullah menyampaikan, bahwa peserta MTQ Korpri tingkat nasional dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan, baik dari jumlah maupun kualitasnya. Untuk MTQ VI ini diikuti oleh 902 peserta,” imbuhnya.

Zudan menyampaikan, bahwa tuan rumah penyelenggaraan MTQ VII Korpri Tingkat Nasional Tahun 2024 adalah Provinsi Kalimantan Tengah. 

ā€œDiharapkan seluruh provinsi dan kementerian/lembaga, agar mempersiapkan dengan baik,” pesan Zudan.

Acara penutupan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional, dilaksanakan di Masjid Raya Padang. Diawali dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana, yang juga Sekda Provinsi Sumatera Barat. Selanjutnya Sambutan Ketua DPN Korpri.

Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya MTQ VI Korpri Tingkat Nasional. Sekaligus memohon maaf jika ada berbagai kekurangan dalam penyelenggaraan MTQ VI Korpri.

Acara ditutup secara resmi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas. Dalam sambutannya, mantan Bupati Banyuwangi dan mantan Kepala LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa  Pemerintah) ini mengingatkan pentingnya pendataan secara digital para PNS dan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja).(aya/sk)