Agus Aras Optimis Kehadiran Pelabuhan Kenyamukan Makin Perkuat Ekonomi Kutim

Teks: Agus Aras (tengah baju biru) saat kunjungan lapangan di lokasi Pelabuhan Kenyamukan, Sangatta Kutai Timur

SANGATTA, Swarakaltim.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Aras merasa optimis kehadiriN Pelabuhan Kenyamukan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Kalimantan Timur akan semakin memperkuat ekonomi Kutim.

Respon positif ini disampaikan Agus Aras yang juga wakil rakyat asal daerah pemilihan Berau-Kutim-Bontang terkait Ground Breaking oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman sebagai tanda keberlanjutan pembangunan pelabuhan Kenyamukan, Kamis (12/1/2023) lalu.

Ia mengatakan bahwa kehadiran pelabuhan itu memang sudah lama dinantikan oleh masyarakat Kutai Timur khususnya warga Sangatta.

“Pertama pelabuhan tersebut karena sudah cukup lama belum dapat berfungsi dengan baik tentu harus menjadi perhatian agar segera berfungsi untuk mempermudah arus barang dari luar Kutim khususnya melalui jalur laut,” ungkapnya, Jumat (13/1/2022).

Terkait sumber pendanaan yang dilakukan oleh Pemkab Kutim, ia menyebut jika tidak ada masalah. Terlebih jika ada keterlibatan dari pihak ketiga dalam hal ini adalah pihak swasta, tujuannya tentu untuk mempercepat pembangunan pelabuhan agar bisa segera difungsikan layaknya pelabuhan-pelabuhan yang ada di daerah lain di Kaltim.

“Pelabuhan itu telah ditetapkan untuk menjadi salah satu akses tol laut,” ucapnya.

Saat ini akses jalan telah ada, dirinya kembali mengapresiasi terhadap langkah pemkab yang kembali melanjutkan akses jalan pendekat sejauh 1,3 kilometer ke arah dermaga yang beberapa waktu yang lalu telah selesai pengerjaannya.

Secara teknis, terkait rancangan tata ruang wilayah, Ia mengatakan jika Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang memiliki wewenang, bahkan dirinya menyakini hal itu tidak ada permaslahan.

Selaku wakil rakyat, Politisi Partai Demokrat tersebut mendukung penuh atas langkah Pemkab Kutim yang akan melanjutkan pembangunan pelabuhan kenyamukan.

“Tentu dukung penuh akan kita berikan, terutama dalam kewenangan dan melibatkan kita selaku wakil rakyat. Kita juga akan mengawal pembanguan pelabuhan tersebut,” tegasnya.

Dengan target selesai pembangunan di akhir tahun 2023 ini, Anggota Komisi III DPRD Kaltim itu berharap komitmen dari pemerintah. Pasalnya, pelabuhan tersebut mamang merupakan keinginan dari masyarakat Sengattta yang dinanti-nantikan.

“Semoga kedepannya dengan kehadiran pelabuhan tersebut akan banyak pengusaha-pengusaha yang berinvestasi di Kutai Timur. Saya sangat menyambut baik, sehingga proses pertumbuhan perekonomian di Kutim berjalan maksimal dan PAD juga semakin meningkat,” pungkasnya.(dho)

Loading