Berikan BLT Kepada Pelaku Usaha, Sebagai Tambahan Modal Usaha

Caption: Asisten I Faustinus Syaidirahman Serahkan BLT secara Simbolis kepada perwakilan 2257 Pelaku UMKM

SENDAWAR, Swarakaltim.com – Sebanyak 2257 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menerima bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu per orang untuk 3 bulan. Bantuan yang diberikan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) bekerjasama dengan Bankaltimtara cabang Sendawar, adapun Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Asisten I Faustinus Syaidirahman yang dilaksanakan di Aula pertemuan Bankaltimtara Sendawar lantai III, Selasa (24/1/2023).

Dalam Sambutan tertulis Bupati FX Yapan SH yang dibacakan Asisten I Faustinus Syaidirahman S Sos MM menjelaskan, penyerahan BLT yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang ada di Kutai Barat, memedomani peraturan dari Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia No 134/PMK 07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022. Turut hadir Kepala Disperindagkop,Perikanan, Pertanian, Tenaga Kerja dan transmigrasi, dan PGS Pimpinan Bankaltimtara Cabang Sendawar.

Lebih lanjut Bupati menjalan, dalam Peraturan tersebut pada pasal 2 disebutkan bahwa Dalam Rangka mendukung program penanganan dampak inflasi, Daerah menganggarkan belanja wajib perlindungan sosial untuk periode Bulan Oktober 2022 sampai dengan Bulan Desember 2022. Dan yang dimaksud belanja wajib perlindungan sosial sebagaimana disebutkan antara lain digunakan pemberian bantuan sosial termasuk kepada ojek, UMKM serta nelayan. 

Secara khusus Bupati menyampaikan pesan dan harapan bantuan yang diberikan benar-benar tepat sasaran. “Saya juga menghimbau kepada KPM yang menerima bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, terutama untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan atau sembako,” harap Bupati.

PGS Pimpinan Bankaltimtara Cabang Sendawar Rama Kelana Jaya menuturkan, Bankaltimtara menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkab Kubar khususnya Disperindagkop UKM atas kerjasama yang sudah terjalin atas kegiatan penyaluran BLT kepada pelaku usaha UMKM yang terdampak inflasi tahun 2022 melalui tabungan Bank Kaltimtara.

Bankaltimtara cabang Sendawar berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada nasabah dan masyarakat Kubar, serta mendukung pemerintah dalam penyaluran BLT yang terdampak impasi kepada pelaku usaha UMKN Kubar.

“Penyaluran bantuan diberikan langsung kepada pelaku usaha, sesuai data dari Disperindagkop yang tersebar di 16 kecamatan di Kubar, semoga bantuan tersebut dapat terus berkesinambungan sehingga dapat meringankan beban masyarakat dengan naiknya inflasi serta bermanfaat bagi penerima untuk menambah modal usaha UMKM yang semakin maju,” kata Rama. (*)

Editor : Alfian

Publisher : Rina

Bagikan:

Related posts