Kejati Kaltim Ikuti Kunker Jaksa Agung RI Secara Virtual.

Jaksa Agung RI Burhanuddin Tegaskan Insan Adhyaksa Hindari Gaya Hidup Mewah Serta Pamer Kekuasaan.

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) telah melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) secara Virtual dan di ikuti Kejaksaan di seluruh Indonesia, Senin (13/3/2023).

Dalam kegiatan ini, Wakil Kepala Kejati (Wakajati) Kaltim Dr. Harli Siregar,SH.MHum, dengan didampingi oleh para Asisten, para Koordinator dan Pejabat Eselon IV Kejati Kaltim mengikuti melalui virtual di Aula Kantor Kejati Kaltim.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Kaltim Toni Yuswanto.SH,MH melalui Press Release “SIARAN PERS Nomor : 16/O.4.3/Penkum/03/2023” dan menjelaskan bahwa dalam Kunker secara virtual Jaksa Agung RI ST Burhanuddin mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi atas capaian kinerja Insan Adhyaksa Kejaksaan di Seluruh Indonesia.

“Capain Kinerja ini harus kita pertahankan dan juga harus kita jadikan pemicu serta semangat, untuk mencapai kinerja lebih baik lagi kedepannya, sehingga kita dapat mempertahankan kepercayaan yang diberikan publik kepada kita,” ucap Jaksa Agung RI melalui keterangan tertulis ini.

Jaksa Agung RI mengatakan bahwa hal ini, tergambar dari hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) yang dirilis bulan Januari lalu.

“Di bidang penegakan hukum, Kejaksaan mendapatkan skor 77,2 persen, sedangkan untuk pemberantasan korupsi, skor yang diraih oleh Kejaksaan mencapai 74,2 persen,” lanjutnya.

“Capaian angka ini mengungguli lembaga penegak hukum lain dan menempatkan Kejaksaan lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh masyarakat” Ujar Jaksa Agung secara Vicon.

Sementara itu, Jaksa Agung RI Burhanuddin menambahkan bahwa survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia pada tanggal 1 Maret 2023, kembali menempatkan Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang paling dipercaya dalam penegakan hukum dengan skor 72 persen.

“Supaya kepercayaan yang telah kita terima dapat kita pertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa, dan negara, karena perlu disadari bahwa meraih prestasi itu sulit, namun mempertahankan prestasi akan jauh lebih sulit”, katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut Jaksa Agung berpesan selalu mencermati Instruksi Jaksa Agung Nomor 1 Tahun 2021 tentang Publikasi Kinerja dan Pemberitaan Positif Mengenai Kejaksaan di Media Massa dan Media Sosial.

Kemudian, Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin juga mengingatkan kepada seluruh Insan Adhyaksa dimana pun berada agar selalu menerapkan pola hidup sederhana serta pedomani Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penerapan Pola Hidup Sederhana.

“Hiduplah sesuai kemampuan dan hentikan gaya hidup bermewah mewahan serta memamerkan kekuasaan,” pesannya.

“Saya tidak segan akan menindak tegas bagi Insan Adhyaksa yang melakukan hal tercela tersebut,” tegas Jaksa Agung .

Pada kesempatan ini pula, Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menyampaikan bahwa tidak lama lagi Umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan.

“Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh Insan Adhyaksa serta mohon maaf lahir dan bathin,” tutupnya.

Di kegiatan ini, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh Jaksa Agung RI menyapa seluruh Kepala Kejati yang ada di seluruh Indonesia.

Dan dalam kesempatan ini, Kepala Kejati Kaltim menyampaikan, beberapa hal yang pertama menyampaikan Kondisi Politik di Wilayah Hukum Kejati Kaltim yang terbilang masih kondusif, karena di setiap Kejaksaan Negeri telah dibentuk Posko Pemilu.

Yang kedua, menyampaikan dalam menyukseskan pembangunan di IKN Kejati Kaltim pada bidang Datun telah melakukan pendampingan proyek strategis penunjang IKN.

Serta berperan aktif berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara), guna memberikan saran atau pun masukan kepada Pemerintah Provinsi Kaltara dalam mengambil langkah tepat guna mengendalikan Inflasi di daerah. (AI).

Loading