Antisipasi Arus Mudik, Polres Berau Terjunkan 310 Personil dan 10 Posko

Foto suasana saat Kapolres Berau dan Wabup Berau memeriksa kesiapan pasukan pada Apel Ketupat

Terungkap dalam apel ketupat di Mako Polres Berau

TANJUNG REDEB, Swara Kaltim – Mengantisipasi melonjaknya arus mudik pada lebaran Idul Fitri 1444 H, Polres Berau menggelar apel ketupat yang dilaksanakan di Mako Polres Berau pada Senin (17/4/2023) sore dan dipimpin oleh Wakil Bupati Berau Gamalis. Dalam operasi ketupat tahun ini, Polres Berau bakal menerjunkan 310 personel dan 10 posko di kota dan daerah perbatasan dan untuk menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) akan ada penebalan pasukan di Kawasan wisata untuk.

Dalam keteranganya, Kapolres Berau, AKBP Sindhu Brahmarya mengatakan kegiatan ini adalah bentuk antisipasi terhadap arus mudik maupun balik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. “Hari ini kami dari Polres Berau bersama stakeholder menggelar kegiatan apel operasi ketupat mahakam 2023 yang bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik baik keluar maupun yang masuk ke Berau,” tegasnya.

Selain itu menurut Kapolres, persiapan operasi ketupat itu dalam rangka menjaga kondusifitas Bumi Batiwakkal. Sebelum menggelar operasi ketupat, Satuan Polres Berau juga telah menggelar pra operasi dengan sasaran minuman keras (miras), petasan, dan lainnya.

“Kita akan turunkan 200 personel ditambah dari satuan dari luar sebanyak 110 personel dan akan ada 10 posko di beberapa titik termasuk di kota dan di perbatasan-perbatasan yang bertujuan dapat membantu masyarakat dalam kegiatan pelaksanaan mudik 2023,” ujarnya.

Ia juga mengatakan di tempat wisata akan dilakukan penebalan pasukan yang bertujuan untuk membantu masyarakat. “Tempat wisata yang diperkirakan akan meningkat jumlah wisatawannya akan kita lakukan penebalan pasukan yang fokusnya membantu Masyarakat mudik yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” tuturnya.

Sementara itu dalam sambutanya, Wakil Bupati Berau, Gamalis mengatakan Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan dalam hal ini. “Tentu Pemda akan memberikan support penuh terhadap kegiatan ini karena bagian pengulangan dari keberhasilan pada tahun 2022. Akan ditempatkan pam di 10 pos pengamanan yang akan kita lakukan baik di darat, laut, maupun udara,” ucapnya.

Gamalis juga memberikan himbauan agar masyarakat tetap kondusif selama arus mudik dan balik. Ketika mudik masyarakat diminta Wabup untuk memastikan kemanaan didalam rumah. “Tinggalkan rumah dalam keadaan aman, cek seluruh aliran listrik dirumah. begitupun yang tidak mudik tapi menuju ke tempat wisata agar melakukan perjalanan yang aman dan tidak melakukan sesuatu yang dapat menyebabkan kemacetan khususnya di titik titik keramaian,“ pesan Wabup. (Nht/Asti/Tim)

Loading