Penyakit Influenza Tertinggi Selama Lebaran

BALIKPAPAN, Swarakaltim.com – Sebanyak 2.158 jumlah masyarakat yang berobat di posko yang disediakan selama libur hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Rata rata warga yang berobat karena kasus Influenza.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan – Andi Sri Juliarti, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan selama periode libur lebaran paling banyak yang ditangani pertama penyakit influenza, kedua hipertensi, ketiga alergi dan keempat penyakit maag serta diabetes. “Selama libur lebaran,warga banyak mengeluh sakit influenza,” katanya. Kamis (27/4/’23)

Andi biasa disapa Dio mengaku, untuk perkembangan kasus penyakit covid 19, diakui saat ini masih ada tiga yang terpapar di rumah sakit dan ada 35 yang melakukan isolasi Mandiri. “Tentunya masyarakat untuk menjaga kesehatan,” katanya.

Adapun untuk evaluasi selama memberikan pelayanan ke masyarakat kedepanya adalah,agar lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan adalah terkait penanganan kecelakaan lalu lintas, karena diakui paling menonjol. Karena jumlah kasus kecelakaan ada satu yang terjadi di KM 30 dan yang ditolong melalui posko dan PSC 119. “Untuk prosedur pelayanan kemasyarakat sudah sangat baik, sedangkan kecelakaan yang melibatkan lurah baru tengah, prosedurnya dibawa ke rumah sakit di Samboja. Di karenakan kecelakaan terjadi di kawasan Kutai Kartanegara,” tegasnya.

Andi menambahkan, warga yang memeriksakan selama libur lebaran di lins
lima posko yang disiagakan yakni Posko Karang Joang, Posko Pelabuhan Kariangau, Posko Terminal Batu Ampar, Posko Pantai Manggar dan Poskotik Balikpapan Islamic Center. Untuk Posko Karang Joang, Posko Pelabuhan Kariangau dan Posko Terminal Batu Ampar mulai dioperasikan dari tanggal 19 hingga 1 Mei 2023. Kemudian, Posko Pantai Manggar dioperasikan dari 22 sampai dengan 28 April 2023. Dan Poskotik Balikpapan Islamic Center pada 22 April 2023. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang saling berkontribusi dalam pelayanan di posko,” tutupnya.(*/pr-pk’23)

Loading