Pendalaman Materi Jurnalistik, Ini Pesan PWI Kaltim ke Wartawan Ikut UKW ke-XXIX di Samarinda

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-XXIX, bekerjasama dengan Diskominfo Kaltim, yang dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 13-14 Mei 2023.

Sebelum mengikuti UKW tersebut, sebanyak 18 orang wartawan dari berbagai daerah di Kaltim, diberikan pembekalan materi oleh Ketua Dewan Kehormatan PWI Kaltim Intoniswan dan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi, melalui Zoom Meting, pada pukul 15.00 WITA, Kamis (11/5/2023).

Dari sekian banyak materi yang nantinya akan diikuti oleh peserta calon wartawan muda, wartawan madya dan wartawan utama. Pria akrab disapa Bang Into ini, memberi pemahaman terkait kode etik jurnalistik dan pendalaman materi pelatihan jurnalistik.

“Yang lebih utama lagi, sebelum melaksanakan tugas liputan dilapangan, wartawan harus berpenampilan rapi mulai dari kepala hingga ujung kaki. Karena penampilan itu berpengaruh kepada narasumber yang akan kita wawancarai. Kalau tidak rapi, nanti narasumber bisa risih dan tidak mau diwawancarai. Ingat saat bertugas harus pake sepatu, jangan pake sandal,” pesannya.

Senada yang disampaikan Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi menegaskan, pendalaman materi jurnalistik pra UKW tersebut sangat penting. Karena tujuan UKW ini menunjukan ketangkasan wartawan dalam mengolah berita hasil liputannya dilapangan.

“Terutamam bagi calon wartawan muda, bahwa pendalaman materi ini untuk meningkatkan pengetahuan jurnalistik bagi para wartawan yang akan mengikuti UKW. Karena pengujinya dari luar Kota Kaltim yang akan memberi penilai terhadap peserta,” tutur Endro yang nantinya juga sebagai pemateri dalam UKW tersebut.

Hendro juga menegaskan, pelaksanaan UKW nantinya membahas tentang berbagai teori jurnalistik, hingga pada bagaimana membangun jejaring kepada narasumber, yang nantinya akan dinilai agar bisa lulus dalam UKW dengan menjawab semua pertanyaan oleh penguji.

“Tujuan dilaksanakannya UKW ini, yakni untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang menjadi anggota PWI Kaltim. Kredibilitas dan integritas wartawan itu penting,” tukas Endro.

Sementara Sekjen PWI Kaltim Wiwit Marhaendra membeberkan berbagai teori jurnalistik yang akan diikuti peserta dalam UKW nanti, mulai dari perencanaan liputan, teknik wawancara hingga menulis berita, dan evaluasi liputan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Pendalaman materi ini sebagai bekal para wartawan untuk mengikuti UKW nanti. Karena materi-materi jurnalistik ini nantinya yang diuji dalam UKW pada para peserta wartawan muda, madya dan utama. Semoga 18 peserta wartawan dapat mengikuti UKW dengan baik dan lulus 100 persen,” pungkasnya.

Penulis : Alfian

Editor  : Redaksi

Publisher : Rina

Loading