Hati Hati Ini Nomor Hp Penipu, Jika Ada Telfon Jangan Diangkat

Caption: Ilustrasi

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kabar ini bukan hoax. Di kota Samarinda dalam dua hari belakangan ini terjadi aksi percobaan penipuan dengan menggunakan nomor telefon 082290333985.

Kamis 11 Mei 2023 kemarin beberapa orang tua siswa datang ke sekolah SMPN 22 yang beralamat di Jl Pahlawan, Samarinda, untuk mengecek keadaan anaknya, ada yang sambil menangis setelah dikabari kalau anaknya kecelakaan.

Kebanyakan yang ditelepon si Penipu orang tua siswa SMPN 22, dan hal tersebut bisa saja terjadi dialami orangtua siswa di sekolah-sekolah lain.

Kabarnya ada yang sudah transfer uang ke Penipu itu. Orangtua siswa yang tertipu di telepon seperti merasa dihipnotis. Itu sama dengan cerita artis yang ditipu lewat telepon. Penipu mengarahkan korbannya ke ATM.

Orang tua siswa ada juga yang pintar, begitu dikabari anaknya kecelakan langsung menelpon anaknya. Ternyata anaknya di sekolah baik-baik saja.

“Jadi bila ada panggilan dari nomor HP orang tak dikenal, lebih baik HP jangan diangkat. Atau bila penasaran bisa juga coba diangkat terus direkam percakapan, bila pembicaraan mengarah ke permintaan uang, HP langsung ditutup saja, atau di blokir nomornya,” tutur Arbani kepada awak media, Jumat (12/5/2023).

Lanjut dia, ada bermacam cara Penipu. “Jadi kita jangan langsung percaya. Bermacam jenis kecelakaan yang dikabari Penipu tersebut ke orangtua siswa yang berbeda, seperti ada yang luka berkelahi sama temannya, ada yang jatuh di WC, ada yang jatuh dari lantai 2 sekolah, dan lain-lain,” tukasnya.(*)

Penulis : Arbani
Editor : Redaksi
Publisher : Rina

Loading