Riganda Nakhoda Baru Mercure Samarinda

Simbolis serah terima jabatan. Tampak Riganda (tengah) bersama Budi disaksikan Direktur Operasional Accor Gruop

Budi “Naik Kelas” Jabat GM Pullman Merujani Mandalika

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Mercure & Ibis Hotel Samarinda menggelar Pisah Sambut General Manager yang baru, di Ballroom Mercure Samarinda, Senin (19/6/2023) malam. Pisah sambut ini digelar menyambut kehadiran GM baru Mercure & Ibis Hotel Samarinda Riganda Togatorop dari GM sebelumnya Budi Wahjono yang “naik kelas” menjadi GM di hotel bintang 5, Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort di Lombok Nusa Tenggara Barat.

Budi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk para “kru” di hotel yang telah memberikan dukungan selama dirinya mengemban amanah sekitar 4 tahun sebagai GM Mercure & Ibis Samarinda.

“Pencapaian ini tidak akan berhasil tanpa dukungan semua. Banyak lika liku , kerjasama kegiatan yang sudah kita lakukan dari tahun 2019 sampai tahun 2023 ini. Awal kita buka satu minggu langsung berhadapan dengan Covid-19 yang menyerang seluruh dunia. Kita bangkit, tidak putus asa, terus melayani masyarakat yang memerlukan. Akhirnya sampai tahun 2023 ini banyak sekali kerjasama yang sudah dilakukan,” tutur Budi.

Ia mengutarakan tidak akan pernah lupa atas kebaikan, kontribusi dan kerjasama yang selama ini terjadi. “Saya mohon pamit, seperti tadi disebutkan bahwa saya akan pindah ke Pullman Merujani Mandalika Lombok. Sekali lagi saya mohon pamit, apabila ada salah dan khilaf, saya mohon maaf sebesar-besarnya,” ucap Budi dalam sambutannya.

Dikesempatan itu, Riganda Togatorop memohon dukungan untuk semua pihak kepada dirinya selama mengembang amanah baru di Samarinda.

“Kami tentunya akan melanjutkan apa yang sudah sangat bagus dijalankan Pak Budi selama ini. Apa yang sudah dirintis pak Budi tetap akan kita perjuangkan lagi, silaturahimnya akan lebih banyak lagi dan intensif lagi. Pada dasarnya saya senang bertemu dengan orang baru, suasana baru dan era baru. Jadi jangan sungkan untuk saya menyapa dulu bapak dan bapak menyapa saya,” ucapnya.

Ia berharap dukungan semua untuk bisa memimpin lebih baik kedepannya dan menjalin hubungan yang baik pula dengan semua pihak.

Sementara Direktur Operasi Accor Indonesia Endrian Hananto menyampaikan di grup accor memang masa kepemimpinan paling lama 4 tahun untuk memberikan penyegaran.

“Kami juga mengapresiasi kepada Mercure & Ibis Samarinda yang bisa membuat pendapatan paling tinggi di Indonesia,” ucap Endrian. Perlu diketahui pula, Mercure Samarinda pun telah mendapatkan penghargaan dari Pemkot Samarinda atas sumbangan pendapatan daerah.

Sementara Syarifuddin Tangalindo dalam kesempatan mewakili Badan Promosi Pariwisata Daerah menilai positif sosok Budi Wahjono. “Bukan hanya berhasil membangun Mercure & Ibis, tapi juga sebagai motivator UMKM. Tadi, kawan-kawan UMKM minta menyampaikan ucapan terima kasih,” ucap Syarifuddin yang juga ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Kaltim.

Adapun Perjalanan Karier Riganda Togatorop, pertama bekerja di dunia hospitality sebagai resepsionis di Ibis Jakarta Arcadia pada 1994-1996, naik menjadi Assistant Manager Le Meridien Jakarta tahun 1996-200, pindah ke Surabaya menjadi Assistant Front Office Manager di Mandarin Oriental Hotel pada 2001.

Tak sampai satu tahun, ia pindah sebagai Executive Assistant Manager di Mercure Jakarta Kota sampai 2007. Ia bahkan sempat berpindah-pindah ditempatkan di sejumlah daerah untuk menduduki jabatan penting, di antaranya GM Novotel Bali Nusa Dua pada 2010-2012. Lalu GM Novotel Banjarmasin Airport 2012-2013, GM ibis Styles Sandakan, Sabah, Malaysia 2013-2014.

Kemudian GM in mission Novotel Manado Golf Resort & Convention Center pada 2015. Tak lama di situ ia dipercaya menjadi GM Mercure Jakarta Sabang sampai 2017 dan General Manager di ibis Gading Serpong.

Lalu kembali bekerja di Mercure Jakarta Kota sebagai GM sejak April 2019. Tahun 2021, Riganda diamanahkan menjadi GM Mercure & Ibis Pontianak City Center. Selama 2 tahun 4 bulan bekerja disana, kini Riganda mendapat amanah ke Mercure & Ibis Samarinda. (dho)

Bagikan:

Related posts