Lengkapi Permainan Demi Sedot Pengunjung Anak

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Setelah melewati masa-masa krisis Pandemi Covid-19 yang sempat menghentikan pelayanan, secara bertahap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berbenah, termasuk melengkapi lagi permainan-permainan anak demi menyedot pengunjung segmen anak-anak.

Seperti disampaikan Ruang Perpustakaan Anak yang terletak di lantai I DPK Kaltim ini selalu ramai pengunjung terutama anak-anak, baik jenjang TK hingga SD. Sehingga DPK Kaltim selaku pengelola perpustakaan terus melengkapi permainan-permainan anak.

Di ruang perpustakaan tersebut, anak-anak tidak hanya diarahkan untuk membaca buku, tapi juga menonton cerita legenda dalam bentuk film yang tentunya dipandu oleh petugas ruangan.

“Kalau untuk kunjungan dari setiap sekolah jenjang TK dan SD itu biasanya rutin, setiap bulan selalu ada,” ungkap Petugas Layanan Anak DPK Kaltim Maulidia Surya Isnaini saat diwawancarai media ini, Selasa (08/08/23).

Dari pantauan media ini, ruangan tersebut tampak sejuk, sebab didalamnya telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, seperti AC alias pendingin ruangan, buku-buku anak, kursi dan meja belajar anak serta beberapa sarana permainan seperti boneka, kartu Uno (untuk melatih keseimbangan otak) dan beberapa jenis game puzzle.

Jadi, selama anak-anak berada di ruangan tersebut, tidak akan dipandu oleh petugas perpustakaan, seperti mendengarkan cerita dongeng serta sesekali dilakukan Ice breaking sehingga suasana ruangan terasa lebih menyenangkan.

“Biasanya setiap kali mereka datang ke perpustakaan ini didampingi sama guru, kemudian ada juga yang datang bersama orang tuanya,” bebernya.

Menurutnya tidak ada pembedaan layanan, baik mereka yang datang bersama gurunya maupun datang bersama orang tuanya. (adv-dpk kaltim/dho)

Loading