Wakil Dubes RI Freddy Kagumi Anjat, Udeng dan Batik Kaltim

ROTTERDAM, Swarakaltim.com – Wakil Dubes RI untuk Kerajaan Belanda Wakil Kedubes  Freddy Martin Panggabean mengangumi cendramata khas Kaltim baik yang diserahkan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi maupun Kadis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) M Syafranuddin

Cendramata yang diserahkan selain plakat DPRD Kaltim juga relif Lembu Suana, juga diserahkan kain batik,udeng dan anjat. Kadis DPK Kaltim, sebelum menyerahkan semua cendramata ke Wakil Dubes Freddy sempat menyampaikan permohonan maaf Wagub Hadi Mulyadi yang tak sempat bertemu karena usai penutupan Kongres IFLA 2023 segera kembali ke Indonesia.

Dalam pertemuan yang digelar sehari setelah penutupan kongres se dunia ini, Perpusnas dan delegasi lainnya termasuk Bupati Sambas juga menyerahkan cendramata khas daerahnya.  “Terima kasih banyak, cendramata ini tentua membuat kami bangga betapa beragamnya kebudayaan Indonesia namun tetap utuh dalam kesatuan NKRI,”ujar Freddy.

Freddy sempat mengagumi Udeng dan Anjat yang diserahkan Kadis DPK Kaltim, pasalnya kedua cendramata Kaltim ini berbeda. “Ini namanya Anjat, fungsinya beragam sesuai kebutuhan penggunaanya salah satunya untuk tas berbelanj atau ke sekolah,” terang Syafranuddin saat menjelaskan anjat yang dibuat dari rotan.

Pertemuan dengan Wakil Dubes RI sendiri berlangsung 45 menit, delegasi Indonesia dipimpin Sekretaris Utama Perpusnas, Ofy Sofiana. Pertemuan yang berlangsung hangat kedua belah pihak sama-sama bercerita tentang perpustakaan. “Dulu ketika saya kuliah di Amerika, saya betul-betul bergelut dengan dunia perpustakaan karena perpustakaan merupakan sumber ilmu,”aku Wakil Kedubes Freddy.(aya/sk/dpkkaltim/adv)

Loading