ANRI Survei Kesiapan Kaltim Jadi Tuan Rumah Kearsipan Nasional

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Pasca ditetapkannya Kalimantan Timur menjadi Tuan Rumah Hari Kearsipan Nasional 2024, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim bersama tim Arsip Nasional RI (ANRI) lakukan survei calon lokasi yang akan menjadi tempat pertemuan LKD se-Indonesia tersebut. Survei didampingi langsung oleh Kepala DPK Kaltim, Drs.Muhammad Syfaranuddin,MM bersama Sekretaris DPK Kaltim, Drs. Deslan Nispayani, M.Si dan jajaran pegawai DPK Kaltim.

Sekretaris Utama, ANRI, Rini Agustiani,SH,MAP bersama Kepala DPK Kaltim terlihat memeriksa dan melihat-lihat fasilitas dan sarana yang tersedia di Convention Hall Sempaja, Samarinda yang digadang kuat menjadi calon lokasi yang proporsional guna menyelenggarakan agenda tahunan tersebut dalam rangka menyambut Hari Kearsipan Nasional.
“Bagus ya, semua sudah lengkap. Tamu-tamu dari seluruh Indonesia bisa hadir di ruangan ini (Plenary Hall) lapangan parkir pun juga luas,” ucap Rini sapaan akrabnya saat berkeliling.

Plenary Hall yang menjadi bagian dari kawasan Convention Hall Sempaja dapat menampung hingga 2900 tamu yang hadir dalam gelaran yang akan direncanakan berlangsung pada tahun depan.

“Selain pertemuan, pameran kearsipan dapat berlangsung di luar pertemuan. Semua aktivitas pada rangkaian hari kearsipan dapat mumpuni bila terselenggara di sini,” papar Ivan sapaan akrab Kepala DPK Kaltim.

Usai melakukan survei calon lokasi, rombongan ANRI yang turut dihadiri Deputi Bidang Konservasi Arsip, Dr.Kandar,MAP melanjutkan pertemuan dengan audiensi persiapan Rakornas 2024 dan Bimtek Risk Assesment bersama dengan Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi, Birokrasi, dan Keuangan Daerah, Drs. Didi Rusdiansyah,MM. Namun, pertemuan terasa berbeda. Tidak berlangsung kaku, DPK Kaltim dan ANRI melakukan safari menyusuri Sungai Mahakam dengan Kapal Wisata Pesut Etam.

Rombongan mulai berlayar pada pukul 17.30 WITA, pertemuan pun terasa hangat sembari bercengkrama dan melihat langsung matahari terbenam di Kota Tepian dari Kapal Wisata.
“Pada dasarnya Pemerintah Provinsi akan sangat mendukung Rakornas 2024 dan kami akan bantu dari anggaran, akses, fasilitas, dan muatan konten budaya yang akan diperkenalkan ke seluruh tamu yang hadir,” ucap Staf Ahli Gubernur, Didi Rusdiansyah.
Persiapan yang sudah dimulai dari sekarang tersebut disebutkan Didi sudah mulai pada tahap koordinasi intens antara DPK Kaltim dan Pemerintah Provinsi baik secara perencanaan maupun teknis.

Agenda ditutup dengan pemberian cenderamata kain tenun Khas Kaltim dan kerajinan manik oleh Kepala DPK Kaltim kepada Sekretaris Utama dan Deputi Bidang Konservasi Arsip. Sebelumnya, DPK Kaltim menyambut ANRI langsung di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto serta rombongan melanjutkan dengan jamuan makan siang bersama di Restoran Kampung Kecil, Samarinda.(aya/sk/dpkkaltim/adv)

Bagikan:

Related posts