Pemenang Lomba Video Kreatif dan TikTok 2023 Akan Mengikuti Wisata Literasi bersama DPK Kaltim

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Kaltim Gemar Membaca menjadi asa bagi DPK Kaltim untuk terus menggelorakan semangat membaca buku kepada masyarakat. Kini, gerakkan persuasif membaca berjalan dengan berbagai ragam dan upaya, salah satunya melalui video kreatif yang ditayangkan pada kanal media sosial, TikTok. Melihat antusiasme individu pada aplikasi tersebut, DPK Kaltim berinovasi dengan menggelar Lomba Video Kreatif dan TikTok.

Lomba yang dimulai pada 1 Juli hingga 10 Agustus tersebut diminati oleh warga Kalimantan Timur dengan 58 peserta mendaftarkan dirinya. 6 peserta terbaik yang telah diseleksi oleh Dewan Juri berhasil melakukan presentasi karyanya secara langsung pada Sabtu, (9/9) di Lantai 2 Ruang Balai Pustaka DPK Kaltim.

Mujahadah, asal Sebulu, Kukar terpilih menjadi pemenang pada Lomba Video Kreatif dan TikTok. Perempuan yang masih berstatus mahasiswa tersebut mengaku senang dan tidak menyangka atas pencapainnya.

“Mulanya buat video karena memang suka membuat video konten. Namun di sisi lain ingin juga mengajak orang-orang awam atau pemula yang gak suka baca buku, dan mau memberitahu juga bahwa Perpustakaan Kaltim banyak sarana dan layanan yang sebenarnya bisa diakses, jadi senang berkarya untuk bermanfaat,” ucap Mujahadah sembari tersenyum.

Video miliknya yang berdurasi 30 detik tersebut diharapkan oleh Mujahadah dapat mengajak lebih banyak lagi masyarakat Kaltim.

Kepala P3KM DPK Kaltim, Taufik, S.Sos, M.Si, memberikan apresiasi kepada para peserta, ia turut menyampaikan penyesuaian zaman perlu dilakukan sembari terus menggerakan ajakan membaca.

“Para pemenang Lomba Video Kreatif dan TikTok kami harapkan dapat menjadi perpanjangan tangan kami untuk mengajak semua orang membaca. Para pemenang juara 1 hingga 3 pun akan kami berangkatkan untuk mengikuti Wisata Literasi sebagai bentuk apresiasi kami,” papar Taufik.

Sehingga perlombaan tidak hanya berhenti hingga lahirnya pemenang, para peserta turut akan terlibat menjadi agen literasi.

Pemenang Lomba Video Kreatif dan TikTok di antaranya: Juara I, Mujahadah, Sebulu, Juara II, Annisa Azizah Akbar, Samarinda, Juara III, Akhmad Miftahul, Samarinda. Serta para pemenang juara harapan di antaranya: Juara Harapan I, Yasmin, Bontang, Juara Harapan II, Zahra Rahmadani, Samarinda, dan Juara Harapan III, Yolanda Aprilia, Samarinda.(aya/sk/dpkkaltim/adv)

Loading