Tingkatkan Literasi, GPMB Samarinda Kunjungi Madrasah

SAMARINDA, Swarakaltim.com – Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Samarinda melalui Unit Diklat Pimpinan Irmayanti kembali mengunjungi sekolah dan madrasah. Kali ini Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Samarinda jalan Harmonika menjadi pilihan sebagai tempat sosialisasi urgensi meningkatkan kegemaran membaca, Senin (20/11/2023).

Pembina GPMB yang juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kota Samarinda Erham Yusuf bertindak sebagai Pembina upacara pada apel Senin yang rutin dilakukan. Kegiatan menjadi berbeda dari biasanya karena Erham juga merupakan salah satu alumni MTsN Samarinda tahun 1984.

Dalam arahannya, Erham memotivasi peserta didik agar menggiatkan aktivitas membaca dan kegemaran berkunjung ke perpustakaan.

“Apalagi perintah agama Islam dalam wahyu Al Qur’an yang pertama kali turun adalah Iqra, yang bermakna membaca,” ucap Erham.

Kemudian lanjut Erham, salah satu kunci sukses dalam perjuangan hidup adalah pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam banyak bidang. Dan hal ini dimulai dengan kegemaran membaca.

Dalam rangkaian kegiatannya, GPMB bekerjasama dengan Rumah Literasi Pelita dan dukungan Gramedia Lembuswana juga memberikan bantuan buku cerpen, komik dan novel untuk perpustakaan Madrasah.

Selain itu juga dibuka layanan pendaftaran anggota Perpustakaan Daerah, Launching Buku cerpen antologi karya siswa “Sejuta Rasa untuk Ibu” oleh Kepala Perpusip Kota Samarinda.

Kegiatan ditutup dengan kunjungan ke beberapa pojok baca literasi di kelas dan motivasi oleh Pustakawan Perpusip kota Samarinda Nurhikmah tentang urgensi penggunaan waktu luang dengan aktivitas membaca.(adv-dpk kaltim/dho)

Loading